Gamelan Jawa

Apakah anda sudah mengetahui tentang musik gamelan??

Ya musik gamelan asli terlahir hanya terdapat di pulau Jawa dan Bali. Dan kini, musik gamelan telah mendunia, diseluruh belahan dunia ada. So kita orang Indonesia harus bangga…

Karena saya orang Jogja, maka saya hanya akan membahas tentang gamelan Jawa, kusus untuk gamelan dengan konsentrasi di Yogyakarta saja.

Gamelan Jawa dimana-mana sama, hanya ada perbedaan yang sangat kecil, untuk gamelan Jawa-Yogya dengan Jawa-Solo. Tetapi perbedaan itu tidak begitu berarti, karena tidak terlalu berpengaruh yang begitu berarti.

Gamelan adalah ensembel musik yang biasanya menonjolkan metalofon, gambang, gendang, dan gong. Istilah gamelan merujuk pada instrumennya / alatnya, yang mana merupakan satu kesatuan utuh yang diwujudkan dan dibunyikan bersama. Kata Gamelan sendiri berasal dari bahasa Jawa gamel yang berarti memukul / menabuh, diikuti akhiran an yang menjadikannya kata benda. Orkes gamelan kebanyakan terdapat di pulau Jawa,MaduraBali, dan Lombok di Indonesia dalam berbagai jenis ukuran dan bentuk ensembel. Di Bali dan Lombok saat ini, dan di Jawa lewat abad ke-18, istilah gong lebih dianggap sinonim dengan gamelan.

Kemunculan gamelan didahului dengan budaya Hindu-Budha yang mendominasi Indonesiapada awal masa pencatatan sejarah, yang juga mewakili seni asli indonesia. Instrumennya dikembangkan hingga bentuknya sampai seperti sekarang ini pada zaman KerajaanMajapahit. Dalam perbedaannya dengan musik India, satu-satunya dampak ke-India-an dalam musik gamelan adalah bagaimana cara menyanikannya. Dalam mitologi Jawa, gamelan dicipatakan oleh Sang Hyang Guru pada Era Saka, dewa yang menguasai seluruh tanah Jawa, dengan istana di gunung Mahendra di Medangkamulan (sekarang Gunung Lawu). Sang Hyang Guru pertama-tama menciptakan gong untuk memanggil para dewa. Untuk pesan yang lebih spesifik kemudian menciptakan dua gong, lalu akhirnya terbentuk set gamelan.[rujukan?]

Gambaran tentang alat musik ensembel pertama ditemukan di Candi BorobudurMagelangJawa Tengah, yang telah berdiri sejak abad ke-8. Alat musik semisal suling bambu, lonceng, kendhang dalam berbagai ukuran, kecapi, alat musik berdawai yang digesek dan dipetik, ditemukan dalam relief tersebut. Namun, sedikit ditemukan elemen alat musik logamnya. Bagaimanapun, relief tentang alat musik tersebut dikatakan sebagai asal mula gamelan.

Penalaan dan pembuatan orkes gamelan adalah suatu proses yang kompleks. Gamelan menggunakan empat cara penalaan, yaitu sléndropélog, “Degung” (khusus daerah Sunda, atau Jawa Barat), dan “madenda” (juga dikenal sebagai diatonis, sama seperti skala minor asli yang banyak dipakai di Eropa.

Itu tadi definisi gamelan menurut wikipedia.

Jika anda tertarik belajar Gamelan Jawa, anda bisa masuk ke link di bawah ini:

(Penulis: Saya di rumah memiliki gamelan Jawa kuno, dengan Laras Slendro dan Pelog. Gamelan ini terbuat dari besi murni (tanpa campuran kuningan atau perunggu). Ini merupakan warisan dari simbah buyut (pembuatan sekitar tahun 1900-an). Selain gamelan, juga terdapat peninggalan satu set wayang kulit dan juga topeng. Kini karena minimnya kemampuan saya dan keluarga serta masyarakat di desa kami (saya bukan orang lulusan sekolah seni, tetapi lulusan sekolah IT, dan keluarga hanya berbekal kemampuan dari pengetahuan turun-temurun, dan tokoh seni di msyarakat kami semakin berkurang karena usia), maka dengan sekuat tenaga saya berusaha mengembangkan tradisi kami bersama tokoh pemuda dan tokoh seni di desa kami.

Saat ini saya baru bisa memainkan kendhang, demung, saron, peking, bonang, kempul dan gong, kenong dan kethuk, dan slentem. Bagii teman-teman yang suka gamelan, mari kita saling berbagi ilmu.)

45 Komentar

45 thoughts on “Gamelan Jawa

  1. gawe sopwer istrumen gamelan wae jum … mangstab!!

  2. yudhipri

    Aku lagi golek2 conto. Nemu, software virtual gamelan, buatan mahasiswa nang amerika to,. Masa wong Jawa kalah karo wong Amerika..

  3. wah ternyata ada juga yang posting tentang gamelan..
    bagus banget nih lanjutkan ya..
    kebanyakan dari kita malah lebih tahu musik klasik dari barat,
    saya mah biasa ndengerin gak sengaja juga bapaku yang sering nyetel musik gendhingan jawa ma langgam hehe..

  4. yudhipri

    Iya, makasih. Ini juga hasil usulan dari temen2 aku, kebanyakan sulit nyari info tentang gamelan.

    • Mega

      Hiii, saya mau tanya dimana saya bisa mendapatkan guru gamelan? karena saya sedang mencari guru gamelan untuk mengajar ekskul di sekolah.. khususnya gamelan bali.. thank you sebelumnya.

  5. mini

    dimana saya bisa belajar gamelan jawa di jakarta dari dulu saya cari tidak ada kursus gamelan di jakarta

    • seto

      kamu bisa buka jakarta gamelan comunity untuk ikut pelatihannya atau hub 08567210000 seto

  6. lippocikarang

    Kebetulan sekali, lagi mendengarkan Gamelan Nyai Sarasawati – Ladrang Asmaradana tersesat di blog ini. Nice posting!

  7. Para kawula muda jangan segan2 ya mempelajari budaya jawa yang adiluhung, jangan sampai kalah dengan bule2 dari barat.
    Jangan sampai budaya kita diklaim oleh Malaysia karena disana para pelajar giat sekali mempelajari gamelan ini.

  8. Wah setuju sekali…. betul kata mas bima sakti memang ada software gamelan mulai jawa, sunda dan bali. dari mulai yang berbayar untuk recording sampai yang gratis untuk edukasi. temen2 semua bisa lihat2 di blog saya di http://dha2nk4all.blogspot.com

    Saya pernah membaca artikel soal software gamelan buatan indonesia memang ada buatan dari orang jogja juga, tapi sayang
    softwarenya tidak dipublikasikan dan hanya dibagikan kepada anak didiknya di lingkungan sekolah dia mengajar saja. alasan tidak dipublikasikan sangatlah memalukan menurut saya, hanya masalah uang. huft… ternyata kedudukan uang bisa bisa menggantikan nialai kebudayaan kita yang semakin hari kita sendiri terkadang tidak tahu budaya kita sendiri.

    Mas saya lihat anda latar belakangnya IT, daya ada tawaran bagaimana k-lo membuat sebuah project edukasi mengenai gamelan kebetulan saya lulusan seni musik dari UNESA surabaya. tapi project saya bukan untuk komersil mas alias untuk free edukasi. Tawaran ini juga terbuka untuk teman2 semua, siapapun bisa membantu dan saya akan merasa sangat senang.

    Thanks……

  9. sunardi

    aku pingin bisa memainkan gamelan.tapi belajar dimana.posisi aku di kalianak surabaya

  10. tulisanmu kurang gede

  11. reno singo meneng

    mas nyuwun mp3 gendhing2 jowo saget ….. kagem mereng ake tombo kangen soale neng luar pulau jawa domisili saiki …… tur suwun.

  12. wah baru tau ane..

  13. Enggar Prabawani

    trima kasih wacana tenatang gamelannya mas, sangat menarik.
    Saya guru musik yang sekarang harus mengajarkan gamelan ke murid2 bule, kebetulan di sekolah punya gamelan, dulu waktu SD-Smp sempet jadi sinden, bergabung dg grup gamelan sekolah, sudah agak lupa, tapi sekarang harus belajar lagi. maturnuwun sanget.

  14. oktia dwi irna aini

    alhamdulillah di kampus saya ada ukm karawitan.
    vivat ITS!!! hehe

  15. oktia dwi irna aini

    apa yang harus dibantu ms? mgkn saya dan teman2 bs bantu.
    saya cinta sekali dengan karawitan. hehe

  16. oktia dwi irna aini

    maksudnya software gamelan apa y mas???

  17. Anonymous

    Mas, anak saya kelas 5 SD tertarik sekali untuk belajar gamelan, sudah ikut ekskul di sekolahnya, tapi pengen belajar lebih dalam. Di Jakarta di mana ada ‘kursus’ gamelan untuk anak2 ya mas?

    • hello Ibuk….sudah dapat guru privat untuk gamelan? kalau belum, silahkan hubungi saya….melalui email saya vagabonza287@yahoo.com.
      Saya berlokasi di Jakarta Barat.

    • seto

      salam kenal… apakah sudah mendapat pengajar private gamelan…? jika belum bisa dengan saya langsung seto.. gamelan asli dari jawa timur kepunyaan keluarga turun temurun..bisa hub di 08567210000. ..maturnuwun sanget.

  18. i love traditional,,

  19. intann

    sangat bermanfaat..
    trimaksih..saya terbantu..

  20. Muhammad Hernanda

    Gamelan jawa itu dari daerah mana ya?

    • yudhipri

      Setahu Saya, Gamelan Jawa ada beberapa macam menurut daerahnya, seperti Gamelan Yogyakarta, Surakarta, Surabaya, Banyuwangi.
      Bedanya sangat kecil sih, dan yang mencolok pada warna musiknya,

      Kalau Gamelan yang bukan rumpun Jawa, ada Gamelan Sunda, Bali, Madura, dan apa lagi ya?hehehe…

      Maap kalau salah, bagi yang ingin menambah silahkan…

  21. Teguh

    Ada kursus belajar gamelan gak ya? Kalau ada, di bekasi di daerah mana.
    Terima kasih

  22. Naniek

    Ayo kita lestarikan dan galakkan seni karawitan ini …..nguri uri budoyo Jowo / Bongso …. jangan sampai di akui milik negara tetangga

  23. aisy

    wahhh kerennn,, anak muda yg cinta warisan budaya…

  24. saya baru nemu ini… kebetulan saya juga mengembangkan aplikasi gamelan virtual…. mari kita sama – sama lestarikan gamelan… :D

    • wow…sangat menarik. Mas, ,tentang aplikasi virtual gamelan…itu free download atau harus bayar ya mas? saya tertarik dg program berbau gamelan….matur nuwun

  25. Anonymous

    menarik mas aku pengen belajar, nguri2 budaya mas
    rumahe mana mas

  26. tulisannya susah dibaca ya mas, kecil2 dan latarnya yang bikin mata saya deket ke layar laptop. hehehehe.. anyway… cemunguuuudh…!

  27. yuliawati

    Hai Yudhi, salam kenal.
    Saya tertarik dengan gamelan Jawa, bisa minta nomor kontak dan emailnya, untuk bertanya lebih jauh mengenai Gamelan Jawa. terimakasih

    • seto

      kamu bisa buka group fb jakarta gamelan comunity untuk ikut pelatihannya atau hub 08567210000 seto

  28. ibnu

    halo mas yudi.saya ibnu. saya ingin sekali belajar gamelan.tapi kebanyakan tempat kursus di jogja berbayar dg biaya yg tdk murah.
    adakah tempat yg bisa saya jadikan tempat belajar yg tdk berbayar/seandainyapun berbayar dg biaya terjangkau bg mahasiswa di jogja?
    tlng bls via : 085728759705/ @ib_dr

  29. Adityarama

    Njaluk Virtual Gamelan/Gong e pak bosss…
    Aku olih tapi flash Mozilla, rep dunlot ra bisa…
    Iki.http://wrybread.com/gametone/instruments/virtual-gametone/gamegongs-fl.shtml

  30. Anonymous

    Klu blh tau km km ting dmana

  31. mnmkg

    ngj bnnbnmmm

  32. santi

    komunitas latihan gamelan seputar jakarta dan tangerang ada di mana ya? terima kasih

  33. alif

    dimna yeah kita bisa dptkan gru gmelang krena auku mau banget blajar memainkan alat music gamelang………………

  34. Aku pengen belajr ‘e

  35. aku ada barang gamelan besi tp barangnya termasuk gamelan lawas,jd bukan gamelan besi baru,,,,,2 set yg pernah saya ambil udah laku,tp cukup lama bro laku nya ada yg bs bantu jual ngak ya,,tp barangnya gak d surabaya tp masih sekitar jawa timur kok,,,0317521875,,,,088805331694.nanang kristianto jln raya wiyung gg dpr.rt 1,rw 1 no 13.surabaya

  36. aziz zurohman

    Pelatihan gamelan di jogja dimana mas?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog pada WordPress.com. The Adventure Journal Theme.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 640 pengikut lainnya.