Laras Slendro dan Pelog

Pembuatan Gamelan

Gamelan Jawa sebenarnya dapat dibedakan menjadi dua laras (tangga nada / titi nada), yaitu Slendro dan Pelog.

Menurut mitologi Jawa, Gamelan Slendro lebih tua usianya daripada Gamelan Pelog. Slendro memiliki 5 (lima) nada per oktaf, yaitu 1 2 3 5 6 (C- D E+ G A) dengan interval yang sama atau kalau pun berbeda perbedaan intervalnya sangat kecil. Pelog memiliki 7 (tujuh) nada per oktaf, yaitu 1 2 3 4 5 6 7 (C+ D E- F# G# A B) dengan perbedaan interval yang besar. Dalam memainkan pelog, masih dibagi menjadi dua lagi, yaitu Pelog Barang, dan Pelog Bem. Pelog Barang tidak pernah membunyikan nada 1, sedangkan pelog Bem tidak pernah membunyikan nada 7.

Dalam menciptakan lagu bernuansa pelog maupun slendro, ada aturan-aturannya tersendiri.

Pada gamelan, tidak ada nada re dan la. Tetapi ada beberapa lagu yang dipaksakan menggunakan nada la, dan ini memiliki nilai arti tersendiri pada lagu tersebut.

Categories: Gamelan, Tradisional | 75 Komentar

Navigasi pos

75 thoughts on “Laras Slendro dan Pelog

  1. yudhipri

    Perbedaannya pelog dan slendro hanya pada tangga nadanya. Interval nada-nada pada slendro berbeda dengan interval pada nada-nada di pelog. Nada slendro memiliki interval yang lebih besar dari pada pelog. Nantinya berpengaruh pada tembang (nyanyian) yang dilagukan oleh penyanyi.

    • Anonim

      apa ada buku yang pernah di terbitkan tentang teori urutan nada dari tangga nada slendro?kalo tangga nada pelog saya pernah liat di bukunya Vincent persicheti, twentieth century harmony, new york, 1961 halaman 50.

  2. referensi nya dong…

  3. pada prakteknya, orang memainkan slendro (menurut ukuran diatonik scale) menjadi 13457(i), sedangkan pelog 12356(i)

    • yudhipri

      Pada Slendro, nada 1 dan nada 7 adalah sama-sama nada C-,, sedangkan dalam Pelog nada 1 dan 7 berbeda, jadi pada pelog nada 7 tidak bisa dituliskan dengan ( i )

    • Anonim

      Betul itu mas… Apa artikelnya yang salah ?

  4. Supriyatno

    terus kalo membedakan laras tiap pathet gmn mas?
    contoh pelog pathet 6, slendro pathet 9, slendro pathet 6 dsb.
    mohon penjelasannya.trm kasih

    • yudhipri

      Pada Pelog, dibagi menjadi 4. Yaitu Pelog Bem, Pelog Barang, Pathet Nem, dan Pathet Lima. Pada pelog Bem tidak memainkan nada 7, sedangkan pada pelog Barang tidak memainkan nada 1.

      Gamelan SLENDRO : pathet NEM (Nem-Ma-Lu-Ro), pathet SANGA (Ro-Ji-Nem-Ma), pathet MANYURA (Lu-Ro-Ji-Nem). Ketiganya dapat sejajar Sol-Mi-Re-Do sesuai pathetnya.

      • mas Yudhipri apakah artinya : slendro 6 nada dasarnya adalah nem, slendro 9 nada dasarnya ro, slendro manyura nada dasarnya lu. aku blm dhong…

      • mas Yudhipri … aku sudah ikut kelompok gamelan dan aku ingin bisa memainkan bonang barung…ingin sekali membuat sekaran pada bonang … tapi kesempatannya jarang karena bonang barung dah ditabuh teman….kecewa aku…

  5. Patricia

    kalau yang tangga nada di Barat itu apa sih kak?

  6. Anonim

    ada yang bilang slendro n pelog tu adalah musik barat,?? benr g.??

    • Anonim

      y g lah… pngaplikasiany jg di alat musik gamelan. sedangkan Gamelan alat musik asli indonesia. kecuali klo masalah tangga nadany…

  7. ada yang bilang slendro n pelog tu adalah musik barat,?? benr g.??

    • yudhipri

      Kita harus bangga..
      Gamelan adalah alat musik dari Indonesia,
      Gamelan merupakan alat musik yang paling kompleks di dunia ini…

      Silahkan cek di Sekolah dan Universitas di Barat, gamelan di sana semua dipesan dari Solo dan Yogyakarta..

    • gak tau

  8. artwin

    aku mau nanya tentang nada gamelan pelog untuk rencananya mau ku aplikasikan ke gitar,, dari yang sudah di terangkan di atas maka nada gamelan Pelog memiliki 7 (tujuh) nada per oktaf, yaitu 1 2 3 4 5 6 7 (C+ D E- F# G# A B) Atau simple nya C#-D-F-F#-G#-A-B, apa benar kalau ku artikan sendiri ini phyrgian yg nada soll nya di # ??? Pelog katanya kan ada 2 yaiu pelog Barang dan pelog Bem,, pelog barang tidak pernah membunyikan nada 1 contoh 2 3 4 5 6 7, nah yg mau ku tanyakan dalam gamelan pelog ini apakah 1 = C# atau mi yg berarti maka akan seperti ini ( D-F-F#-G#-A-B ) ????
    atau apakah nada 1 yg di maksud = DO jadi 2 3 4 5 6 7 artinya A yg di buang jadinya seperti ini ( C#-D-F-F#-G#-B ) ??
    seLanjuttnya…!!
    pelog Bem tidak pernah membunyikan nada 7.
    1 2 3 4 5 6 7 (C+ D E- F# G# A) Atau simple nya seandainya tanpa min dan plus jadinya C#-D-F-F#-G#-A-B, apakah benar kalau ku artikan sendiri ini phyrgian yg nada soll nya di # ????
    tadi katanya Pelog Bem tidak pernah membunyikan nada 1, contoh
    1 2 3 4 5 6 7 nah yg mau ku tanyakan dalam gamelan pelog ini apakah 7 yg d maksudkannya itu = B atau RE yg berarti maka akan seperti ini ( C#-D-F-F#-G#-A-B )
    atau apakah nada ke 7 yg dimaksud adalah SI =G# jyg jadinya seperti ini ( C#-D-F-F#-B ) ??? mohon pencerahannya hehehehe

    • yudhipri

      Saya tegaskan lagi, nada 1 pada gamelan bukan berarti do, nada 2 bukan berarti re.

      Nada 1 2 3 4 5 6 7 itu bisa diasumsikan sebagai kunci chord pada gitar.

      kita bisa memainkan solmisasi pada gamelan dengan nada dasar yang kita inginkan, misalkan do=E, do=Bes, do=A, dsb..

      Agar musik yang dihasilkan bernuansa gamelan, kita harus melihat aturan-aturannya yang ada seperti di atas.

      Jadi ketika kita memainkan Gamelan pelog Bem (tanpa nada 1 pada gamelan), dan kita menggunakan nada dasar do=E, maka akan dihasilkan
      2=B, 3=C, 5=E, 6=F, 7=G… perlu diingat, tidak ada nada D (re) dan A (la) pada gamelan.
      nada 4 pada gamelan boleh dimainkan ketika lagu tersebut terpaksa memainkan nada D (re), karena 4=D(re).

      Maap, bahasa saya agak belepotan, karena saya juga bukan lulusan sekolah musik,hehehehe…

      Oh iya,, biasanya kalo saya bermain spontan menggunakan keyboard, agar instrumen yg dihasilkan bernuansa gamelan jawa, saya selalu menghindari nada re dan la, entah menggunakan nada dasar apa saja, kalau kita tidak memainkan nada re dan la, ditambah sedikit2 “cengkok” Jawa, maka akan terasa kental nuansa gamelan Jawanya..

      • Maaf Bapak. Lantas kalau bermain di keyboard apakah note yang perlu saya tekan untuk menghasilkan salendro scale dan apakah note yang perlu ditekan untuk mendapatkan pelog Bem Scale dan Pelog Barang? Mohon penjelasan bapak.

        saya boleh dihubungi di mjrosman@gmail.com

    • Anonim

      g usah bingung2 mas.. aplikasikn saja langsung. rumus pelog 13457 tmpa 2,6. jd lngsung aja di aplikasikan ke tngga nada diatonis dng mnggunakan 5 nada. tnggl mnyesuaikan nada dasar yg dipakai. sebagai contoh di lagu gundul gundul pacul. jelas di dlm lagu it tdk mnggunakan nada 2 dan 6.

  9. Anonim

    “Pada gamelan, tidak ada nada re dan la. Tetapi ada beberapa lagu yang dipaksakan menggunakan nada la, dan ini memiliki nilai arti tersendiri pada lagu tersebut” < mantapp

    terus klo pakai chord masih pake standard ato udah beda lagi tuh?

  10. jadi kalo do=d di”pelog”kan jadi gini = D D# F A C D
    bener/ salah ?

  11. jadi kalo do=d di”pelog”kan jadi gini = D D# F A C D
    bener/ salah ?

  12. kalo di gamelan apa bedanya gamelan laras slendro dengan gamelan laras pelog?

  13. Anonim

    untuk gambelan gong kebyar merupakan laras apa ?

  14. dhias

    sangat bermanfaat

  15. Maaf bapak semua saya dari Malaysia ingin mohon tunjuk ajar. Sebagai kesimpulannya adakan note di keyboard ini akan membentuk komposisi salendro: C- D E+ G A mohon kepastian apakah yang dimaksudkan dengan – +? adakah ianya sharp (#) dan flat (b)

    Bagi Pelog pula yaitu 1 2 3 4 5 6 7 (C+ D E- F# G# A B) Atau simple nya C#-D-F-F#-G#-A-B bagi ukuran western scale? jika C+ bermakna C# maka apakah maksud E-? adakah E- bermaksud EFlat / D# atau langsung E.

    Mohon jasa baik bapak-bapak semua kerana saya amat memerlukan. Saya boleh dihubungi di mjrosman@gmail.com. Terima kasih bapak semua.

  16. Anonim

    kalau sifat laras slendro dan sifat laras pelog

  17. kalau sifat laras slendro dan sifat laras pelog

  18. Devi

    mau tanya doong
    goong renteng memiliki 2 macam laras yaitu ada yang berlaras salendro dan berlaras pelog…
    bagaimana susunan tangga nada’nyaa???
    apakah yang dijelaskan di atas bisa digunakan pada susunan tangga nada goong renteng atau tidak???
    maaf saya belum mengerti …

  19. Kroncong Gandarwa Surakarta

    MANTAAF AND SANGAT MEMBANTU BOSS

  20. pasta ardianto

    Saya suka alat-alat musik jawa barat

  21. firman

    mas titi laras dibedakan menjadi 2 itu apa mas,,,???
    tolong jelaskan,,,??

  22. farid

    jika kita memainkan lagu berbasis pelog dan slendro dengan alat musik barat (gitar/organ), bagaimana kita menyusun kord-nya? mohon pencerahan

  23. Anonim

    Pathet itu sndri apa sih artinya? Mhon pnjelsan.

  24. Anonim

    perlu diketahui bahwa untuk memaikan laras pelog atau salendro dengan menggunakan musik barat tidak serta merta hanya memaikan nada nada tertentu karena dengan titi nada standar dari piano atau gitar tidak akan pasti sama dengan gamelan yang ingin kita tirukan, di mana setiap gamelan dibuat oleh mpu yang berbeda sehingga nada dasar (dalam istilah musik barat) tidak akan sama karena setiap mpu memiliki gamelan master yang digunakan untuk tuning saat membuatnya, dan tidak ada nada dasar standar dengan frekuensi tertentu karena belum ada perjanjian antar pembuat gamelan utk mmbuat laras standar.

  25. Anonim

    Bagus!🙂

  26. Apa sich yk d’mksud dGn nada slendro…..? Quh ngin tw loh…..!!

  27. Anonim

    bro….aku kan suruh membuat gendhing lancaran 1 baris 2 baris slendro atau pelog,mas tau caranya nggak?

  28. apakah yang dimaksud dengan laras pelog dan laras slendro ???
    gue nggk tau lo….

  29. wisnu

    saya suka gending jawa tapi gatau apa itu pathet pelog dsb,,
    kalo mau belajar dimana ya ?

  30. waduh
    sampun dangu mboten nemoni ilmu menika

    • awas

      pak dhe maskur pernah mampir sini juga to? indomotoblog ada dimana-mana hahaha..saluut

  31. burhan

    punya nada lagu layung ga

  32. Rahadian

    cotoh lagunya apa??

  33. Duuuhhh?”
    Tdi nya binggung mau nyari dimna pralatan dari GAMELAN:”
    Eee upnya ada ugx?”
    Duuuuh pk guru yuni dah dpt dari soal bpk”thekkssss sho matz”””GAMELAN

  34. Anonim

    apa ada buku yang pernah di terbitkan tentang teori urutan nada dari tangga nada slendro?kalo tangga nada pelog saya pernah liat di bukunya Vincent persicheti, twentieth century harmony, new york, 1961 halaman 50.

  35. Tlong tampilkan not gending2 lasem,manyuro.nyongo dll

  36. wanti

    pak, ada contoh gending-gending karawitan yang laras slendro beserta notasinya? tolong ditampilkan
    . maturnuwun

  37. susi susilawati

    maaf pa saya ingin lagu laras pelog bkn terjemah nya

  38. ekydiass

    berarti urutan tangga nadanya gimana?

  39. Saya kurang paham. Kalau pelog & slendro itu tangga nada, sebenarnya lebih mudah kalau dijelaskan dengan jarak antar nada yang berlaku di tangga nada itu. Seperti kalau pada skala diatonik jaraknya 1-1-1/2-1-1-1-1/2.

    Jika dalam skala diatonik ada 7 nada: Do, Re, Mi, Fa, Sol, La, Si, maka jarak antar nadanya:

    Do (1) Re (1) Mi (1/2) Fa (1) Sol (1) La (1) Si (1/2) Do.

    Lalu kalau dalam gamelan tidak ada Re & La, apakah berarti nada yang ada adalah Do, Mi, Fa, Sol, Si?

    Apakah jarak antar nada dalam 1 oktaf jadi begini Do (2) Mi (1/2) Fa (1) Sol (2) Do? Benar? Atau polanya berbeda? Atau bagaimana?

    • Rude Bear

      Mau mencoba menjawab sekarang di perkuliahan sedang belajar gamelan soalnya

      Kebetulan yang saya pelajari sekarang gamelan di tanah sunda , utamanya yang menggunakan laras slendro , pelog degung ( pelog sunda ) , madenda dan mataraman.

      Dalam gamelan biasanya kita menggunakan notasi relatif 1 ( da) , 2 ( mi ) , 3 ( na ) , 4( ti ) , 5 ( la ) , 1 ( dengan tambahan titik di atas angka 1( da rendah). Tetapi Sebagian nayaga ( pemain gamelan ) menyebut juga dengan nama mutlak untuk nada tinggi ke rendah dengan nama barang – loloran – panelug – goong – singgul – barang

      Dalam gamelan jarak tidak ditentukan dengan interval seperti prim , kuint , atau ters. Tapi ditentukan dengan frekeunsi antar nada yang menentukan itu menggunakan laras pelog , pelog degung , madenda atau yang lainnya contoh

      Laras pelog degung
      1(da rendah ) –400hz– 5( la )-80hz- 4(ti)-240hz– 3(na)–400hz– 2(mi) -80hz- 1 ( da)

      Untuk laras pelog degung untuk gambaran suara mungkin bisa memainkan di C mayor nada : C’-B-G-F-E-C atau do’ si sol fa mi do

      Untuk laras slendro
      1(da) -80hz- 5(la) -80hz- 4(ti) -80hz- 3(na) — 2(mi) -80hz- 1(da)

      Untuk laras pelog kalau di piano mungkin bisa dibayangkan suaranya dengan menekan semua tuts hitam dalam satu oktaf atau kalau dijabarkan nada Db-Eb-Gb-Ab-Bb-Db tapi itu pun tidak mewakili suara asli mutlak seperti salendro.

      Biasanya di gamelan tidak mengenal oktaf tapi kempyung atau nada pasangan contoh da dengan mi , na dengan ti , la dengan na

      Semoga membantu , maaf jika ada yang salah karena sama sama masih belajar

  40. Noviaafrilina

    Susunan laras pelog itu apa aja

  41. Anonim

    da mi na ti la ap..

  42. tuliskan kuci pelog lagu memanik

  43. Anonim

    acffftg

  44. Anita

    Mana perbedaan nya

  45. Anonim

    pelog tidak memiliki nada?
    selendro tdk memiliki nada?

  46. Anonim

    nih . pada intinya diatonis itu ngikut gamelannya pelog/slendro. ketemunya do= es bisa juga do=b

  47. Kurang lengkap

  48. Yuyun a'yun

    Apa perbadaan laras pelog dengan pelog?

  49. Anonim

    Mantap,….sangat bermanfaat

  50. Cara mudah memainkan dan atau menerapkan nada pentatonis ke kibod [khususnya bila anda ingin main gamelan di kibod] saya sarankan gunakan [belilah] YAMAHA PSR A2000 (produk 2012 pakai flshdisk) masih ada yang baru di pasaran atau PSR A1000 (produk 2002 pakai disket) silakan cari bekasnya.

    Di kedua kibod tersebut ada fitur SCALE SETTING terdiri dari 12 tombol kecil yang disusun seperti tuts. Anda dapat mengubah nilai tuts agar mirip dengan laras Slendro / Pelog baik versi Jawa maupun Sunda bahkan laras / nada non diatonis lainnya seperti nada Cina, India, Persia, dll lalu menyimpan setelannya dalam 5 pilihan SCALE MEMORY. Selamat mencoba!

    http://lirikapasaja.wordpress.com

  51. contoh lagu nasional berlaras pelog dan slendro apa aja yaa?

  52. Herman

    Ririn cuba nyanyikan lagu Suwe Ora Jamu atau Swara Suling untuk contoh laras pelog dan lagu Yamko Rambe , Ikan keke untuk contoh laras slendro…..

  53. Anonim

    Kontol ama lu

  54. Anonim

    atas ane spam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.