Mengapa Gunung berapi bisa meletus?

Gunung meletus bisa terjadi karena endapan magma di dalam perut bumi yang didorong keluar oleh gas yang bertekanan tinggi.

Magma adalah cairan pijar yang terdapat di dalam lapisan bumi dengan suhu yang sangat tinggi, yakni diperkirakan lebih dari 1.000 °C. Cairan magma yang keluar dari dalam bumi disebut lava. Suhu lava yang dikeluarkan bisa mencapai 700-1.200 °C.

Menurut Edwards, gunung api yang letusannya bersifat eksplosif biasanya kandungan magmanya kaya akan oksigen dan silikat. Dan, bentuk gunungnya kerucut seperti gunung Fujiyama di Jepang atau Gunung St Helen—sebelum letusan hebat pada tahun 1980 yang menyebabkan pucuknya terpotong.(sains.kompas.com)

About these ads
Categories: Pengetahuan | 80 Komentar

Navigasi pos

80 thoughts on “Mengapa Gunung berapi bisa meletus?

  1. Adi

    Maaf, salam kenal dr Adi-Bandung.
    Boleh saya pakai/share info ttg Merapi ini dan gambarnya?
    Thanks berat…

    • yuliana rahman

      I ngeri takut bila itu terjadi ke kita ya

      • Anonymous

        iya makannya kita harus hati hati dengan adanya gunung meletus
        By : M.A.V

  2. saya mau klepotda, nama saya jaenal dari indramayu.

  3. nirwana

    gunung merapi meletus, marilah kita bertobat semua manusia yang ada di permukaan bumi in, mungkin ini adalah teguran dari yang maha pencipta

  4. Anonymous

    Ya , Ampun Kok bisa meletus ..

  5. Pam Cowboy

    luar biasa… kapan ambil fotonya mas?

  6. Anonymous

    Terimakasih atas segalanya dan kalu bisa lebih rinci lacisupaya kami yang awam jadi lebih memahami/tau

  7. Anonymous

    Kasian Banget .. Yg kena Letusan GUNUNG MERAPI MELETUS …

  8. adhy softcase

    saya bertempat tinggal kurang lebih 40km dari gunung merapi, saya mohon doa dan suportnya untuk sodara2 kami yang terkena musibah ini, dan semoga gunung merapi cepat aman.. amin. khnks

  9. Anonymous

    ya boleh indra mayu ya di jawa

  10. Anonymous

    ya udah waktu ya mrapi meletus

  11. Anonymous

    semoga para korban bencana gunung merapi di beri ketabahan???

  12. karena semua ini dari sedikit manusia yg bertaakarub kepada ALLOH SUBHANAHU WAATAA”ALA kebanyakan manusia itu lalai dari segala kewajiban nya makanya kita yg masih di beri umur panjang banyak2lah bertaubat dari segala dosa . karena janji alloh swt dalam surah AL KHASER .dan SURAH AL WAAQI>AH .PASTI BENAR2 akan ter jadi

  13. semoga allah akan memberi hikmah dari korban merapi.

  14. MUNAWAR

    Itulah keagungan ILAHI

  15. Eh, artikel menarik. Saya minta gambarnya satu ya… mau saya tampilkan di blog saya pula.. ^^

  16. Budhi Setiadi

    Fotonya diambil kapan?

  17. aremania zelalu jaya

  18. latifah

    semoga tidak terjadi lagi

  19. Ari

    Gimana kok gunung merapi bisa meletus

  20. wadaw... gunung merapiku marah lagi ni hari ini... berserahlah kepada Tuhan krn Dialah yg empunya bumi n isinya. jangan pernah menetang kekuasaanNya. atau kita dapat murkanya...

    berserahlah kpdNya. jangan pernah menentang kekuasaanNya. kita tdk akan pernah bs menandingiNya….

  21. Anonymous

    Smoga gunung merapi mengeluarkn lava agar cpt hbis

  22. Anonymous

    HMM ..subhannalah

  23. Anonymous

    astahfirullah,,,mengapa indonesia sll di terpa bncana alam,,,apkh alam mrh pd pemimpin2 kt,,ataukh kt smua yg tlh mmbwt nya mrh,,,marilah kt smua brbenah diri,,,q rsa ada kmungkinan di tahun 2012 nanti,,,,,

  24. AREK BANYUWANGI

    YA ALLOH ,LINDUNGILAH KAMI SEMUA DARI SEGALA MUSIBAH YANG MELANDA DI NEGARA KAMI,KUAT KANLAH IMAN ,TABAH MENGHADAPI CUBAAN DAN DUGAAN YANG MENIMPA NEGARA KAMI,AMINNNNNNNNNNNNNNN.

  25. dikA

    indonesia sedang menangis..smoga smua ini mnjadi plajaran bagi qt..mungkin ini pringatan dari ALLAH.,MULAI skarang mari qt mnebar kbaikan dan sllu ingat bahwa ALLAH sllu mgawasi qt..

  26. Anonymous

    tiada s’org pun ilmuwan canggih didunia ini yg bisa m’halangi kehendak-NYA,

  27. oppie

    jangankan gn merapi,duniapun klo sdh tiba waktunya pasti akan hancur.(IDZA ZULZILATIL ARDU ZIL ZAALAHA.WA AKHROJATIL ARDU ASQOLAHA….al-ayat).maka dari itu marilah kita semua bertaubat.oke!

  28. gue sneng bnget liat foto2x gnung saat2 mletus.bner2 cptaan allah yg smpurna.

  29. ahmadkamil

    iya…

  30. Reka S Bengkulu

    kita mesti harus bersyukur masih bisa hidup tenang, bagaimana dengan saudara kita yang tinggal d skitar gunung merapi, wasior dan mentawai. kita ikut bersedih atas musibah yang menimpa saudara kita. mudah-mudahan Allah memberikan hikmah yang positif kpd semua umat manusia

  31. irvan

    ngeri….

  32. RYAN

    Dari RYAN di DELES klaten
    Kita telah di beri cobaan oleH Allah yang maha kuasa, kita harus memohon ampun kepadanya & harus bertaubat karena hari kiamat sudah dekat. Turut prihatin untuk warga yang menjadi korban kususnya warga desa sidorejo tawang.

  33. salam kenal dari lukman bombana sulawesi tenggara

  34. novieta

    Letusan yg sngt5 dsyat.

  35. Hicmahh

    Semoga mereka iang ada di sana diberi ketabahan

  36. jangan meledaknya gunung

  37. entar tempat saya di magelang ancur

  38. mariyam

    semoga tidak ada lg korban akibat gunung meletus

  39. Biarlah semua ini kita serahkan pada yang diatas.amin?dan smgg cpt mampet

  40. aurelia

    smoga merapi tidak menimbulkan korban jiwa lagi dan smoga smua ini cpat berakhir ( tapi jngan kiamat )

  41. Anonymous

    ya allah lindugilah mereka yg kena musibah dan bencana….hanya ekau yg bisa melindungi mereka…dan ampunilah dosa2nya

  42. viera

    merapiku kenapa kau marah disaat negeriku lagi susah…. ya allah lindungilah saudara-saudaraku

  43. iix

    merapi meletus krn it teguran dr Sang Kuasa.,ap yg trjd mk trjdlah jika Sang Kuasa brkhendak.it mengingat kan pula,bhw mnusia it mkhluk lemah,yg tak brdya.ap pun yg manusia miliki,jika Sang Kuasa brkhendak,psti akn hbs.krn it hny ti2pan.manusia ddunia jg hny numpang hdp,,

  44. Anonymous

    bolehkah saya mengepprint gambar ini

  45. mari kita panjatkan puji sukur kehariran allah swt,krna itu mari kita berdo’a.

  46. indonesia menangis

    semoga para korban di beri ketabahan, amien…

  47. Najiwa

    Semoga mereka selamat di dunia dan akhirat.. amiin..

  48. Anonymous

    apakah pertanda ini semua??

  49. Anonymous

    apkah ni smua azab dari allah??

  50. memang miris sekali jika kt melihat para korban yg bergelimpangan.
    tapi ap daya..manusia hanya bs menerima ap yang sudah menjadi takdr Allah.
    Allah telah menegur kt yg slma ini tak pernah ingat kepadaNya.dan Allah telah menegur kt yg yg slm ini telah merusak bumi.
    ya Allah..
    maafkan kami ya Allah.
    ampuni ksalhan dan dosa kmi ya Allah.
    usaikanlah penderitaan2 yg d alami oleh sdra2 km.
    tolonglah kmi ya Allah.
    aamiin…..

  51. ninun

    aaaaammmmmmiiiiiiieeeennnnn

  52. turut berduka cita buat korban gunung meletus .. dan tabah lakhh .. dengan cobaan ini ..

  53. very

    Buat saudarku yang terkena imbas merapi, bersabar dan tetap waspada ya…….semoga Allah senantiasa melindungi kita semua….

  54. bambang

    merapi semoga tak memakan korban lagi…..

  55. Isnaini di Pulang Pisau

    Semoga para korban Gunung Merapi selalu ditabahkan dalam menghadapi cobaan dari Yang Maha Kuasa. Amiiin…

  56. aulia

    buat saudara-saudara q yang ada di seluruh indonesia khususnya saudara q yang berada di daerah merapi dan sekitarnya, kita sbgai manusia hanya bisa bersabar dan ikhlas dalam menerima ini semua. sepantasnya kita bersyukur, karena saya yakin Allah SWT masih sangat mencintai kita. .

  57. Nur sholekhah

    semoga para korban bencana merapi diberi keselamatan dan terhindar dari mara bahaya yang akan menimpa.kita warga indonesai harus tetap saling bergandeng tangan untuk indonesia tetap “JAYA”INDONESIA MERDEKA I LOVE INDONESIA……………………

  58. Nur sholekhah

    buat saudara saudaraqu,tetap semangat eah.mungkin ini hanya sebuah coba’an buat kita semua.tetap tabah,semangat,selalu berdo’a kpd Allah YME.Kita pasti bisa “DISINI KAMI UNTUKMU MENDENGARKAN SERUANMU”.Smga cepat berakhir penderita’an ini.AMIIIIIINNNNNN……………..

  59. Erik johan montoh

    Turut berduka cita atas bencana Gunung merapi jogj… serta turut prihatin atas segala bencana yg menimpa Ibu Pertiwi. Semoga SANG MAHA KUASA memberikan kekuatan dan pertolongan khususnya pd sesama Anak Bangsa yg terkenal musibah dan umumnya pemulihan untuk Tanah Air tercinta ini…kerana Badai n gelombang hidup ataupun alam yg memporak poranda bumi…adalah bagian hidup…suka atau tdk suka kita tetap terimah,yg terpenting bagaimana menyikapi semua itu dengan bijaksana dan keiklasan hati yg mau merendahkan hati dihadapan sang PENCIPTA …dengan tdk menyalahkan SIAPAPUN…mari jadikan hati kita seumpama samudera yg luas agar dpt menampung setiap persoalan…dengan harapan…habis malam terang menanti…SUKSES!!!

  60. adu binguni lagi ge gam bar tapi gambar apaya capeeeeeeee

  61. luar biasa…!!!!

  62. atolole

  63. sgrfgrrryhry

  64. Anonymous

    copo ccd

  65. aslmkm. mf, izin minta gambarnya ya, thank you.

  66. ya mudah2an qta dijauhkan dari mara bahaya gunung berapi

  67. alhamdulillah, di Indonesia bencana alam masih bisa menjadi pengingat akan kekuasaan Allah swt.

  68. hruz mnghindar

  69. turut prihatin untuk orang yg terkena gunung sinabung

  70. Anonymous

    Kik

  71. kalau gunung meletus lagi di jakarta bisa bisa pemerintah repot deh menanganinya karena banyak rumah warga penuh abu deh dan peternakan pun mati seperti sapi,kambing dll

  72. maka dari itu kita harus berdoa kpd yang maha agung semoga tidak ada lagi bencana seperti itu lagi.Amin yarobbal alamin

  73. aku perna dengar bahwameletus itu bawa pupu
    k alamia apaka benar teman-teman

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com. The Adventure Journal Theme.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 670 pengikut lainnya.