Sudah Sampai di Venus, Sayang Satelit Jepang Rusak

Satelit Akatsuki - Foto: Istimewa

Satelit Akatsuki - Foto: Istimewa

INILAH.COM, Tokyo – Satelit Jepang diharapkan dapat memberi pengetahuan mengenai iklim misterius di Venus. Sayangnya, satelit ini mengalami kerusakan saat sampai di planet tetangga kita itu.

Satelit ini diberi nama Akatsuki yang berarti ‘fajar’. Satelit ini merupakan satelit pertama Jepang yang ditempatkan di sekitar orbit planet lain. Satelit ini diluncurkan setelah satelit Jepang yang lainnya kembali dari perjalanannya mencari sampel sebuah asteroid.

Pada Selasa, ilmuwan mengatakan satelit itu berhasil memasuki orbit Venus. Mereka juga mengatakan bahwa sempat terjadi kehilangan kontak dengan satelit itu, namun komunikasi berhasil dipulihkan kembali.

Akatsuki diluncurkan pada 20 Mei, satelit ini dirancang untuk memantau aktivitas gunung berapi di Venus dan memberi data iklim dan data tebalnya awan, termasuk apakah terdapat petir di Venus.

Satelit ini dilengkapi dengan kamera inframerah dan instrumen lain untuk menyelesaikan misinya. Satelit Akatsuki memiliki orbit elips di sekitar Venus, mulai dari 190 mil (300 km) di atas permukaan planet dan mengayun ke luar sejauh 50 ribu mil (80 ribu km).

Hal tersebut memungkinkan satelit mengawasi pola cuaca secara komprehensif Venus. Salah satu misteri yang ilmuwan ingin pecahkan adalah intensitas permukaan angin di Venus yang diyakini mencapai kecepatan 220 mph (360 kph).[ito]

Categories: Berita | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.