Status Gunung Merapi Naik Jadi Awas

Asap putih sulfur keluar dari puncak Gunung Merapi, Jumat (22/10). Status Gunung Merapi dinaikkan menjadi siaga dari status sebelumnya waspada dikarenakan deformasi, gempa vulkanik, gas vulkaniknya mengalami peningkatan yang sangat signifikan sejak beberapa hari lalu. TEMPO/Arif Wibowo

TEMPO Interaktif, Yogyakarta -Status gunung api Merapi telah dinaikkan dari siaga menjadi awas sejak pukul 06.00 WIB, Senin (25/10). Peningkatan status ini disebabkan aktivitas kegempaan Meraapi yang terus meningkat.

Status awas diumumkan dalam rapat koordinasi Pemerintah Kabupten Sleman yang dilakukan di posko utama Pakem yang dilangsungkan sejak pukul 05.00 WIB tadi.

“Ya, mau tidak mau, suka tidak suka, status Merapi naik pagi ini menjadi awas,” kata Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Surono saat dihubungi Tempo, Senin (25/10) pagi.

Penaikkan status antara lain didasarkan pada guguran lava yang naik dari sebelum tanggal 21 Oktober yang kurang dari 100 kali per hari menjadi 183-194 kali per hari pada tanggal 24 Oktober 2010. Kemudian juga karena penambahan deformasi yang sangat tajam dari 10,5 centimeter per hari pada sebelaum 21 Oktober menjadi 42,3 centimeter per hari setelah tanggal 21 Oktober 2010.

“Peningkatan aktivitasnya memang lebih cepat ketimbang erupsi 2006 lalu,” kata Surono.

Proses penaikan status yang lebih cepat daripada status waspada menjadi siaga, kemudian status siaga yang baru ditetapkan pada 21 Oktober lalu, menurut Surono harus dipahami sebagai upaya peningkatan kesiagaan menghadapi bencana.

“Ini resiko yang harus saya ambil. Status awas lebih cepat atau lambat, tetap ada resikonya. Tapi ini demi kesiapan bagi masyarakat untuk mengungsi,” kata Surono lantaran aktivitas Merapi memang kian meningkat tajam.

Terpisah, Bupati Sleman Sri Purnomo menegaskan, bahwa pihaknya terus meningkatkan persiapan kesiagaan menghadapi bencana Merapi dengan peningkatan status tersebut.

“Kami terus melakukan koordinasi,” kata Sri Purnomo.

PITO AGUSTIN RUDIANA

Categories: Berita | 1 Komentar

Navigasi pos

One thought on “Status Gunung Merapi Naik Jadi Awas

  1. wauh bahaya banget itu gunung…kalo nyemburnya duit sih gak apa2.hhe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.