15 Fakta Unik & Menarik Tentang Garam

Dalam kimia, garam ialah senyawa netral yang terdiri atas ion-ion. tapi sekarang bukan saatnya ngomongin yg berat2 kek kimia, siapa yg tidak tau garam?! rasanya kalo makan pake garam aja udah enak, di balik warna putihnya, ternyata ada beberapa fakta yg keren tentang garam. ini 15 fakta menarik tentang garam.

1. Sampai abad ke-20, sekantung garam (disebut amoleh) adalah mata uang dasar di Abyssinia (sekarang disebut Ethiopia).
2. The Amazing Salar de Uyuni, adalah garam datar terbesar di dunia denan ukuran 4.000 mil persegi di Bolivia. ketika lapisan tipis air laut berada di atas pasir, itu menjadi cermin yg luar biasa. Reflektifitas ini membuatnya menjadi alat yang sangat berguna dalam kalibrasi peralatan ilmiah dari luar angkasa. berguna dalam kalibrasi peralatan ilmiah dari luar angkasa. Garam yang datar ini juga mengandung separuh pasokan lithium di dunia.

 

 

3. Garam sangat penting untuk tubuh kita. jika anda minum terlalu banyak air, itu akan menghilangkan banyak cairan yg mengandung natrium dalam tubuh dan dapat mengakibatkan hyponatremia (komplikasi penyakit medis dimana tubuh kehilangan banyak cairan mengandung natrium) yg fatal. Inilah yang menewaskan Jennifer Strange yang mengikuti kompetisi “Hold your wee for a wii”.

4. walau begitu penting, mengonsumsi terlalu banyak garam juga dapat mematikan. Anda membutuhkan sekitar 1 gram garam disetiap kilogram berat badan anda dan itu cukup untuk membunuh anda.(jadi jika berat badan agan 50 kg, 50 gram garam bisa membunuh agan.. kurang lbh begitu, Ini digunakan sebagai metode ritual bunuh diri di Cina, khususnya di kalangan bangsawan sebagaimana saat itu garam sangat mahal.

5. Kualitas garam laut yang baik mengandung banyak mineral yang penting bagi tubuh kita. Jenis terbaik dari garam laut harus sedikit basah ketika di ambil dari laut.

6. Pada Abad Pertengahan, garam begitu mahal sehingga kadang-kadang disebut sebagai “emas putih”. Pada saat itu, terdapat jalur transportasi khusus untuk garam yang menghubungkan kota pedalaman dari Lüneburg ke pantai Baltik Jerman.

7. Garan Hitam dibuat di India oleh air garam dicampur dengan biji Harad. Campuran dibiarkan menguap meninggalkan gumpalan hitam garam. Ketika garam merata, serbuk yang dihasilkan menjadi warna pink.

8. Di Guerande, Perancis, garam masih dikumpulkan dengan cara tradisional dengan menggunakan keranjang dimana harus menunggu air laut tergenang. Hal ini yg membuat garam sangat mahal dan sangat dicari-cari, terutama dengan kualitas terbaik yg disebut dengan Fleur de Sel (bunga garam).

9. ada kesalahpahaman umum bahwa tentara romawi dibayar dengan garam (sebagai gaji). tetapi sabenarnya mereka dibayar dengan uang yg normal. sambungannya dengan garam adalah mungkin melalui fakta bahwa para Prajurit Roma dilindungi garam saat perjalanan menuju Roma.

10. sebelum Alkitab Yudaisme ditiadakan, garam dicampur dengan binatang yang untuk pengorbanan kepada Tuhan. ini berdasarkan Musa dalam Imamat 2:13 yang menyatakan : “Whatsoever sacrifice thou offerest, thou shalt season it with salt, neither shalt thou take away the salt of the covenant of thy God from thy sacrifice. In all thy oblations thou shalt offer salt.” (takut salah menerjemahkan) Jadi garam dianggap simbol kebijaksanaan.

11. Setelah bahan bakar penerbangan dimurnikan, garam dicampur dengan nya untuk menghapus semua jejak air sebelum dapat digunakan.

12. Natrium Klorida terbentuk ketika natrium logam tidak stabil bereaksi dengan gas klorin. Ini adalah satu-satunya keluarga batuan secara teratur yang dimakan oleh manusia.

 

13. Pada awal 1800-an garam 4 kali lebih mahal seperti harga daging sapi yg berada di wilayah perbatasan – itu sangat penting dalam menjaga manusia dan hewan ternak agar tetap hidup.

14. Hanya 6% dari garam digunakan di Amerika Serikat digunakan dalam makanan; 17% lainnya digunakan untuk de-icing jalanan dan jalan raya pada musim dingin.

15. Pada akhir abad ke 17, garam adalah barang yg dibawa dengan kargo terkemuka dari Karibia ke Amerika Utara dan sebaliknya. Itu digunakan untuk bahan makanan budak-budak di perkebunan gula.

Sumber: http://www.kaskus.us/showthread.php?t=5236767

 

Categories: Catatan | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.