Arti Lambang Pancasila

Seberapa ingatkah anda sebagai warga negara Indonesia mengartikan bagian-bagian gambar pada lambang burung Garuda?

Sudah pasti hanya sedikit orang yang betul-betul mengingatnya diluar kepala. Mari kita mengingat kembali pelajaran di masa Sekolah Dasar.

Garuda Pancasila

Burung Garuda melambangkan kekuatan dan Warna emas pada burung Garuda melambangkan kejayaan.

Perisai di tengah melambangkan pertahanan bangsa Indonesia

Bintang melambangkan sila Ketuhanan Yang Maha Esa (sila ke-1)

Rantai melambangkan sila Kemanusiaan yang Adil dan Beradab (sila ke-2)

Pohon Beringin melambangkan sila Persatuan Indonesia (sila ke-3)

Kepala banteng melambangkan sila Kerakyatan Yang Dipimpin Oleh Hikmat Kebijaksanaan Dalam Permusyawaratan/Perwakilan (sila ke-4)

Padi dan Kapas melambangkan sila Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia (sila ke-5)

Bhineka Tunggal Ika Tan Hana Dharma Mangrwa.
Itu merupakan kalimat penggalan dari bait kakawin Sutasoma.
Saya akan mencoba menguraikannya, menurut pandangan berbagai sumber dan juga pengetahuan saya sendiri, karena kata-kata Bhineka Tunggal Ika tersebut berasal dari Bahasa Jawa Kuno, dimana maknanya masih sama dengan bahasa Jawa yang ada saat ini.

Kata Bhineka Tunggal Ika jika dipisah menurut maknanya menjadi: Bhina-Ika-Tunggal-Ika.
Kalau diterjemahkan menjadi bahasa Jawa saat ini, paling tidak menjadi Beda-Iku-Tunggal-Iku.
Kalau dijadikan Bahasa Indonesia menjadi Berbeda itu kesatuan itu.
Setelah kata-kata tersebut diolah agar mudah dipahami, maka menjadi Terpecah belahlah itu, tetapi satu jualah itu.

Sedangkan untuk kata Tan-Hana-Dharma-Mangrwa, jika diartikan dalam bahasa Jawa sekarang menjadi
Tan-Ana-Kasunyatan-(duh yg ini bahasa Jawanya apa ya? ada yg bisa bantu? kalau Bhs Indonesianya sih  berarti “Rancu”).
Sehingga ketika diolah menjadi Tidak ada kerancuan dalam kebenaran.

(dari berbagai sumber)


About these ads
Categories: Catatan | 101 Komentar

Navigasi tulisan

101 gagasan untuk “Arti Lambang Pancasila

  1. akan lebih baik lagi bila skalian dibahas maksud tulisan
    BHINNEKA TUNGAL IKA yg dibawa burung Gardusa itu…

    semoga bukan sekedar tulisan saja

  2. hahahah
    keren toke bisakeluar nergi kita bora2
    mau pegi uang masi mintak sama emmak

  3. wah sya jg uda lpa tuh, untung d inget’in lg :)
    skalian d tambahkan jg maksud jumlah dr bulu sayap dan jumlah dr bulu ekor ny

  4. dwimartha@yahoo.com

    terimakasih ya,,,,,,,,,,,,,,

  5. Anonymous

    maaf numpang tanya, itu yang mengkonsep 5 lambang pancasilanya siapa ya ? hhe

  6. alda

    saya bangga dengan negara saya sendiri karna negara saya sangat subur,tapi sya juga tidak bangga pada remaja zaman skrg…yg pnh dngn anarkis dan sek bebas

  7. alda

    saya ingin tau bagai mn cara membuat lambang tsb???

  8. ismah luthfiyah

    thank’s yah karna ada blog ini PR aku udah selesai deh

  9. nanda zulfa

    boleh numpang tanya gak. giana cara buat lambang garuda ?????…………

  10. sandra

    maaf aku mau nanyak ,,
    apa arti lambang” tersebut ,,,
    karna aku bingung sebab ada tugas dari guru Pkn ku

  11. Anonymous

    mf sob , bleh tanya ngak ap makna dn arti pancasila..

  12. TERIMA KASIH BANYAK

    TERIMAKASIH BANYAK…………………..

  13. Anonymous

    tengs yak ..
    tapi mau tanya,
    maksud nya kaki elang mencengkeram tulisan bhinneka tunggal ika tu apa ya ? kalo tau

  14. makasih
    banyak nie

  15. Anonim

    Bulu pada sayapnya berjumlah 17 yang berarti hari kemerdekan kita 17 agustus.
    Bulu pada ekornya berjumlah 8 yang berarti bulan ke 8.
    Bulu pada lehernya berjumlah 45 yang berarti tahun 45.
    Jadi kita merdeka pada tanggal 17 agustus tahun 45

  16. Aaron Pratama Santosa

    ketuhanan yang maha esa

  17. Aaron Pratama Santosa

    thx

  18. WaW DiSiNI SaYA dAPaT MenGerTi mAkSuDnyA …..,,…..,, !!!!

    THANkS YoU So mUch

    • saya juga dapat mengerti arti lambang pancasila thaks you I LOVE TOMOHON ,,MAJU TERUS TIDAK ADA YANG MUNDUR ,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,

  19. Anonymous

    tempat yang sangat indah n sejuk untuk menenangkan pikiran

  20. Anonymous

    aku sangat sk sm lambang dan arti pancasila

  21. Anonymous

    aku sngt sk sm lambang pancasila dan artinya

  22. aku sngt sk sm lambang dan arti dr pancasila

  23. sk bgt sm lambang

  24. capex baca nya

    zzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzz

  25. sya pengen tau apa sih itu pancasila dan apa maksud dari itu tersebut

  26. Aruel Aryadinatha

    Kenapa pancasila ada lambang bantengnya?

    knapa gambar yang lain za!!!

  27. makasi

  28. mizzy_pink

    Thanks for information

  29. david

    mengapa bendera indonesia warnax merah dan putih???dan apa artinya

  30. Eva Govinda

    Saya ingin bertanya,
    mengapa sila pertama d’lambangkan dng bintang?! Saya mnt tolong untk d’jelskn.

  31. ejots

    godek

  32. pahlawan sejati bukanlah seseorang yang berani menghunuskan pedangnya ke leher lawan namun ia adalah seseorang yang mampu mengendalikan dirinya ketika ia sedang dikuasai amarah. Kata motivasi islam Kedua, sesungguhnya senyumanmu terhadap saudaramu merupakan sedekah. Ketiga, jauhilah dengki karena dengki akan menghapuskan seluruh amal kebajikan laksana api yang menghanguskan kayu bakar. Keempat, ada tiga sifat yang akan merusak diri manusia yakni menuruti hawa nafsu, sifat kikir, dan mengagumi diri sendiri secara berlebihan.

  33. hai para pemuda pemudi indonesia burung garuda adalah jati diri sebuah bangsa dimana kita berpijak.

  34. wirarpl1

    Reblogged this on wirarpl1.

  35. .pancasila punya negara ku INDONESIA .. :)

  36. Anonymous

    MARi pungsikan kodrat semula pancasila

  37. Dion

    cukup baik………namun sepertinya kurang penjelasan perbagian dari sila itu…..apa makna filosofi tiap sila? thank’s

  38. kusuma achmad harianto

    tan dalam bahasa jawa memiliki arti *ketika* dalam bahasa indonesia.
    ana dalam bahasa jawa memiliki arti *ada* dalam bahasa indonesia.
    Kasunyatan dalam bahasa jawa memiliki arti *kenyataan*dari kata nyata sepertinya. Mohon maaf jika ada yang keliru,semoga tidak salah.

  39. litesha florensia

    maaf ya kurang lengkap nih brooo ..

  40. Anonymous

    … pekok gg lengkap …………………….

  41. Anonymous

    makasihya atass infonya

  42. Anonymous

    trima kasih atas informasi nya,tapi kurang lengkap,maaaaaaaaaaaaaaaaaaaffffffffff

  43. Anonymous

    Tan Ana kasunyatan itu artinya tidak ada kenyataan

  44. Nadira

    terima kasih atas infonya

  45. Anonymous

    kata saya artinya artinya bkanya isi dri lambang itu

  46. Difa Yudha

    Thankss Yoo Buat GAMBAR nyya

  47. Anonymous

    Kalo filasofi kepala banteng apa..?

    #Terimakasih..

  48. fika

    t’rimah kasihhh…..

    #

  49. Riska Mulya

    Ooh. . . iya. . ^_^

  50. Anonymous

    trimakasih,,,…. ne sangat membantu….

  51. Weny Hermeza

    trimakasih…..

  52. Anonymous

    WOOOW KEREN

  53. ah gx mutu ilmunya

  54. Anonymous

    cuman gituh doang?????

  55. arti lambang lambang pancasila

  56. Trimakasih semoga Indonesia jaya raya.. :)

  57. Anonymous

    SEMOGA INDONESIA GAK AKAN TERPECAH BELA

    • Fr_Poecoek

      INDONESIA TIDAK AKAN TERPECAH BELAH BILA RAKYAT NYA MEMEGANG TEGUH PANCASILA…

  58. Anonymous

    persatuan Indonesia

  59. Ainun

    terbaik…(y)..:D

  60. terima kasih

  61. Anonymous

    PANCASILA…
    CINTA BETAH…
    SALING HARGA MENGHARGAI SALING HORMAT MENGHORMATI…
    PAKU BUMI…

  62. Anonymous

    garuda pancasila harus diperkembangkan lagu supa menibgkat yaaaaa….

  63. Anonymous

    sekarang gw udh tau nih

  64. salsabila

    kalau arti padi saja apa

  65. ,makasihhh iiaa tgasq udhh clesaii

  66. Fransiska Simarmata

    yhank you
    berkat kamu aku dapat menjawab tugas dari guru

  67. Gak terlalu enak ngeribetin bagetttttt

  68. “Aku bangga menjadi WARGA NEGARA BANGSA INDONESIA….

    Maju trus BANGSA KU’…..

  69. Anonymous

    thank`s

  70. Anonymous

    “MAKASIH”
    Aq, ttp bangga jd anak INDONESIA
    TUNJUKKAN, bkat n` kreativitas mu……………….!!!

  71. Anonymous

    Arti bulu kakix pa, . , ooiiyaa mkch tas smuax

  72. Anonymous

    mkch ya tgsq dah selesai

  73. Nurul chasanah

    Yang saya maksud,dan menurut pr saya itu arti dari perisai garuda….
    wkwk:-)

  74. Bhineka tunggal ika

  75. Anonymous

    Ehh ada pr kwn lagi..,:)

  76. Yofi hendrawan

    “Mtsn pauh kambar” is the best…..

  77. kerenzz semua,, jadi ngerti dech…apa itu pancasila dan maknanya….lain x tambahin juga tntang ideologi-nya okk!!

  78. kerenzz semua,, jadi ngerti dech…apa itu pancasila dan maknanya….lain x tambahin juga tntang ideologi-nya okk!!

  79. Destry adella

    Terima Kasih sangat membantu :v

  80. rizqianawulandari@gmail.com

    Tq.udah sangat membantu tugas..dan blog. lebih kumplit lg…

  81. mksih brkat pncasila gue sdah slesai ngerejain pr PKN.

    aqu sneng

  82. Agung

    Ap arti lambang sila ke 4

  83. ap arti sila 4 dan lambang arti sila ke 4

  84. Ary,,,

    Saya bangga jadi orang indonesia, negara yang kaya akan hasil bumi,,kaya dengan kebudayaan,
    tp sayang,nya tidak sesuai dengan sila sila yg di atas,,rakyat masih bnyak yang tidak sejahtra,,di tambah lagi wakil rakyat yang katanya merakyat tp apa palah kebangakan makan duit rakyat(KORUPSI) hemz menyedihkan;(,,,!!

  85. kenapa pada sila ke-2 di beri lambang rantai, kenapa bukan gambar sapu atau yang lainnya? apa sebabnya?

  86. Kok gx ada penjelasan ‘y s!

  87. Kok gx ada penjelasan ‘y s! Aq butu penjelasan ya t,coal ‘y aq ada tugas dr pak ter

  88. maaf, boleh ijin copy dulu ya gambarannya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com. The Adventure Journal Theme.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 638 pengikut lainnya.