Mahasiswa Prancis Ciptakan Mobil Irit BBM 4.896 Km Per Liter

Paris – Mahasiswa Politeknik Universitas Nantes, Prancis memecahkan rekor mobil teririt sejagat dengan catatan 4.896,1 kilometer per liter.

Rekor menakjubkan tersebut mereka ukir belum lama ini di ajang Shell Eco-marathon sekaligus mematahkan rekor mobil teririt sebelumnya di ajang ini.

Di tahun 2005 mahasiswa asal Swiss pernah membukukan rekor keiritan berjalan 3.836 kilometer hanya dengan satu liter bahan bakar.

Rekor tersebut patah 5 tahun kemudian oleh Politeknik Nantes dan tim Lycee La Joliverie yang berkolaborasi. Kendaraan yang mereka ciptakan di hari pertama lomba mampu berjalan hingga 4.414 kilometer dengan 1 liter bahan bakar. Namun mereka menambah kembali rekor sebanyak 482 kilometer lebih jauh dari rekor menjadi 4.896,1 kilometer.

“Waktu lima tahun penelitian diperlukan untuk menciptakan rekor 4.896 kilometer dengan satu liter bahan bakar,” ujar team leader Politeknik Nantes, Pauline Tranchard seperti detikOto kutip dari Gizmag, Senin (24/5/2010).

Jarak 4.896,1 kilometer sendiri bisa dibilang merupakan jarak Benua Eropa dari ujung ke ujung. Atau dari Norwegia di ujung utara hingga ke Italia di selatan.

Nah setelah Eropa, pada bulan Juni nanti giliran lomba irit di kawasan Asia yang akan diselenggarakan di Malaysia. Mahasiswa dari Indonesia pun akan ikut serta. Mereka sudah memamerkan mobil-mobil irit mereka di hadapan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Kita tentunya berharap mereka bisa menunjukkan prestasi cemerlang. Kita tunggu nanti.

http://oto.detik.com

Categories: Berita | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.