Telkomsel Pasang 15 BTS di Kapal Pelni

Telkomsel kembali mengimplementasikan teknologi GSM berbasis IP dengan konsep Remote Solution System dalam pemasangan infrastruktur BTS yang ke-15 di Kapal Motor Lawit milik Pelni.

“Dengan penerapan inovasi solusi komunikasi jalur transportasi laut ini, maka Telkomsel menjadi satu-satunya operator seluler yang melayani wilayah perairan Indonesia melalui penggelaran jaringan telekomunikasi di 15 kapal Pelni,” ucap Dirut Telkomsel, Sarwoto Atmosutarno, di dermaga Tanjung Priok, KM Lambelu, Jakarta, Jumat (9/4/2010).

Peresmian beroperasinya layanan telekomunikasi di kapal Pelni ini ditandai dengan penandatanganan kerjasama antara Sarwoto selaku Dirut Telkomsel dan Jussabella Sahea sebagai Dirut Pelni di atas KM Lambelu.

Pada kesempatan ini juga dilakukan uji coba penggunaan layanan telekomunikasi dengan menghubungi kapal Pelni lainnya yang sedang berlayar di wilayah timur Indonesia dan peninjauan lokasi perangkat telekomunikasi yang dipasang di KM Lambelu.

Pengimplementasian inovasi teknologi di kapal Pelni ini merupakan bagian dari program Telkomsel Merah Putih yang telah dilaksanakan sejak Juni 2008 lalu. Kerjasama ini merupakan wujud sinergi perusahaan di lingkungan BUMN yang memiliki kesamaan visi dalam pelayanan publik.

Dalam sambutannya, Sarwoto mengatakan, “Layanan ini menjadi persembahan kami menjelang usia 15 tahun Telkomsel melayani Indonesia. Dengan diresmikannya program di KM Lawit ini, maka masyarakat sudah dapat menikmati kenyamanan berkomunikasi dari Sabang sampai Merauke melalui jalur yang dilalui 15 Kapal Pelni.”

Layanan GSM berbasis IP ini hadir dalam bentuk yang lebih simpel tanpa perlu membangun menara BTS (Base Transceiver Station) dan cukup meletakkan beberapa alat saja, seperti antena parabola, modem VSAT IP, pico BTS, solar cell sebagai power supply serta APB baterai (Automatic Power Backup) di daerah yang sudah ada listrik.

Di atas kapal ini juga dilengkapi dengan sarana pelayanan publik berupa dua buah pesawat telepon FWT (Fixed Wireless Telephony) sebagai warung seluler (warsel) bagi penumpang kapal yang belum mempunyai ponsel.

Adapun 15 kapal Pelni yang telah dilayani Telkomsel Merah Putih adalah Sinabung, Gunung Dempo, Labobar, Bukit Raya, Dobonsolo, Ciremai, Tidar, Nggapulu, Bukit Siguntang, Kelimutu, Lambelu, Sirimau, Kelud, Dorolonda, dan Lawit.detik

sumber:http://www.informasiku.com/2010/04/telkomsel-pasang-15-bts-di-kapal-pelni.html

Categories: Berita | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.