Membuat PC menyala dan mati otomatis pada windows XP

Saya mendapat tugas untuk merancang sebuah komputer yang digunakan untuk akses umum oleh mahasiswa di sebuah Universitas di Yogyakarta. Komputer tersebut berada di dalam sebuah kotak (rak tertutup) yang terkunci, sedangkan mouse dan keyboard berada diluar sehingga mahasiswa bisa menggunakannya. Masalahnya tidak semua karyawan yang piket memiliki kuncinya.
Lalu saya seting saja supaya komputer tersebut bisa menyala sendiri pada jam tertentu dan mati sendiri pada jam tertentu.
Untuk membuat komputer menyala sendiri secara otomatis, bisa diseting pada biosnya. Hampir semua komputer memiliki fitur untuk menyalakan komputer otomatis, hanya beberapa bios saja yang tidak memilikinya.

Pada bios, letak setingnya berbeda-beda. Cari saja dengan kata kunci wake-up alarm, atau ring alarm, atau yang ‘nyrempet-nyrempet’ dengan maksud itu, kemudian set waktu alarm untuk menyalakannya.

Agar komputer bisa mati sendiri, pada sistem operasi windows bisa digunakan fasilitas Schedule Task.
Pada windows XP dapat dibuat dengan “Add Schedule Task”.  Oh ya, syarat untuk menjalankan user account kita harus kita kasih password. Atau cara yg lain adalah dengan mengetahui password “Administrator”. Setelah muncul kotak Schedule Tas Wizard, klik next, lalu pilih file shutdown.exe yang berada di folder  windows/system32/

Pada belakang teks shutdown, kita tambahai dengan -s -f -t 10 (misalnya), menjadi

shutdown -s -f -t 10

Artinya komputer akan shutdown (-s) dengan mode force (-f) pada waktu hitung mundur 10 detik (-t 10).

Lalu pilih Daily, Weekly atau yg lain sesuai dengan kebutuhan anda. Nanti anda juga diminta memasukkan username dan password (isi dengan windows account anda dan passwordnya, atau user administrator dengan passwordnya. nb:password harus ada!!!).

(sudah dengan revisi, uji coba selama 3 bulan 99,95% berhasil. Kegagalan disebabkan karena faktor pemadaman listrik PLN).

Selamat Mencoba!!!

Categories: Teknologi Informasi | 9 Komentar

Navigasi pos

9 thoughts on “Membuat PC menyala dan mati otomatis pada windows XP

  1. wew.. sip om
    tapi mangsud “shutdown -s -f -t 10” opo kie?
    10 detik tu waktu wat opo? nek proses shutdown lebih dari 10 detik piye?
    -thx-

  2. yudhipri

    Ternyata ada masalah pada beberapa PC. Solusinya begini, pada Scheduled Tasks langsung kita Add aja mas beems, terus pada browse file, kita cari file shutdown.exe yang ada pada folder system32. Setelah itu kita tambahi dibelakangnya tadi dengan -s -f -t 10 yang artinya s= shutdown, f=force, tanpa konfirmasi terlebih dahulu, t 10 artinya dalam waktu countdown 10 detik. Angka bisa diisi keinginan anda.
    Oh ya, jika ada opsi untuk memasukkan username dan password, sebaiknya diisi dengan administrator dan password administrator windows anda.

  3. wening

    nk -s -f -t -10 dipasang pada manusia iso ga jum??

  4. Pam Cowboy

    Wah ahirre nemu jg kie corone. mathur kesuwun bgt kang… soalle kantorku jg tak gawe urip dewe komputerre. tp le auto turn off aku nganggo geniuse auto shout down. kiro2 bermasalah ora kang? mathur nuwun sederenge.

    • yudhipri

      Pake geniuse auto ya? dicoba aja, bereksperimen.. Soale aku jg blum pernah pake geniuse auto shut down.

  5. pam cowboy

    iya mas… ternyata bisa di pake tu geniuse auto shut down. malahan lebih enak, bs di seting hibernate segala. tanks infonya. aku jd bs nyeting komp di kantor saya.

  6. Chapat

    Kalau BIOS nya gak Suport Power Management Gimana?

  7. Anonim

    trims….artikelnya memberi pencerah di otak ku…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.