Cara kerja speedometer pesawat terbang

JIKA kendaraan yang bergerak di darat mengukur kecepatan dengan menggunakan speedometer, lalu bagaimanakah dengan pesawat terbang? Seperti kamu ketahui, speedometer bergerak berdasarkan perputaran roda yang menyentuh daratan. Nah bagaimana dengan pesawat yang melayang di udara?

C172_pitotDalam dunia penerbangan ada dua kecepatan yang diukur, yaitu kecepatan darat (ground speed) dan kecepatan angin (air speed). Kecepatan darat diukur dengan menghitung jarak dua buah titik (berangkat dan tujuan) dan kemudian dibagi dengan waktu tempuhnya.

pitot_static_system Alat ukur itu mendapat masukan dari PITOT, yaitu semacam lubang kecil berbentuk pipa yang terhubung langsung dengan udara bebas, yang diletakkan biasanya di muka pesawat. Selanjutnya dari pitot tersebut dapat diukur tiga parameter, yaitu kecepatan udara (airspeed), altimeter, dan Variometer (alat ukur kecepatan vertikal)

pitot_tube_simple_sketch Pitot sendiri adalah alat yang memang digunakan untuk mengetahui perbedaan tekanan yang disebabkan oleh aliran fluida (cairan, maupun udara)

Nah jadi kalo sepeda kamu menggunakan putaran roda untuk menggerakkan alat speedomernya, maka pesawat terbang menggunakan pitot untuk mengukur sekaligus tiga parameter.

Nah, ada yang tahu bagaimana kapal laut mengukur kecepatannya? ***

(b0cah.org)

About these ads
Categories: Pengetahuan | Tinggalkan komentar

Post navigation

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com. The Adventure Journal Theme.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 640 pengikut lainnya.