Cara Kerja Kereta Api Maglev (Kereta Tercepat di Dunia)

Pernah mendengar kereta Maglev???

Menurut wikipedia, MagLev adalah singkatan dari MAGnetically LEVitated trains yang terjemahan bebasnya adalah kereta api yang mengambang secara magnetis. Sering juga disebut kereta api magnet.

Seperti namanya, prinsip dari kereta api ini adalah memanfaatkan gaya angkat magnetik pada relnya sehingga terangkat sedikit ke atas, kemudian gaya dorong dihasilkan oleh motor induksi. Kereta ini mampu melaju dengan kecepatan sampai 650 km/jam (404 mpj) jauh lebih cepat dari kereta biasa. Beberapa negara yang telah menggunakan kereta api jenis ini adalah Jepang, Perancis, Amerika, dan Jerman. Dikarenakan mahalnya pembuatan relnya, di dunia pada 2005 hanya ada dua jalur Maglev yang dibuka umum, di Shanghai dan Kota Toyota.

Ada tiga jenis teknologi maglev:

  • Yang tergantung pada magnet superkonduktivitas (suspensi elektrodinamik)
  • Yang tergantung pada elektromagnetik terkontrol (suspensi elektromagnetik)
  • Yang terbaru, mungkin lebih ekonomis, menggunakan magnet permanen (Inductrack)

Cara kerja

Prinsip gaya dorongnya

Kereta Maglev mengambang kurang lebih 10mm di atas rel magnetiknya. Dorongan ke depan dilakukan melalui interaksi antara rel magnetik dengan mesin induksi yang juga menghasilkan medan magnetik di dalam kereta.

Pada saat kereta api dilevitasi, daya listrik diberikan ke kumparan di dalam dinding jalur pemandu untuk membentuk suatu sistem unik medan magnet yang menarik dan mendorong kereta sepanjang jalur pemandu.

Arus listrik yang diberikan ke kumparan pada dinding jalur pemandu secara berganti-ganti mengubah polaritas kumparan magnet. Perubahan polaritas ini menyebabkan medan magnetik di depan kereta menarik kereta ke depan, sementara medan magnet di belakang kereta menambahkan gaya dorong ke depan. Kereta maglev mengambang di atas suatu lapisan udara sehingga menghilangkan gesekan. Tidak adanya gesekan serta rancangan aerodinamis kereta membuat kereta ini dapat mencapai kecepatan lebih dari 500 kilometer per jam.

sumber:  id.wikipedia.org;  Agusta Iswan Maryandika (http://dc379.4shared.com/doc/LkhHUzZr/preview.html)

About these ads
Categories: Pengetahuan | 23 Komentar

Post navigation

23 thoughts on “Cara Kerja Kereta Api Maglev (Kereta Tercepat di Dunia)

  1. idham khalid

    Bagaimana di Kota Pontianak dibangun kereta api tercepat untuk jalur kota dan negara ini lah harapan sy untuk di kalimantan barat. semoga akan terjadi di Pontianak khususnya. Amin….

  2. BANGKA PERLU KERETA API MONO REL SPT INI, BIAR MUDAH ORANG-ORANG BEKERJA SILATURAHIM DLL

  3. gann, aku udh nemuin solusi baru untuk menemukan mobil maggnet, benar benar benar EFISIEN. Dan pertama di DUNIA. memang kebanyakan orang ilmuwan berpikir “mobil magnet harus ada track nya sendiri..” . Tapii, tidak demikian dengan saya yang berumur 11 th (5 SD). Saya akan membuat mobil magnet TANPA TRACK! Tapi tidak seperti yang anda bayangkan, mobil ini…. Ah.., mending jangan di omongin deh, nanti ujung ujungnya di Klaim lagi.. :P

    • kalo mau kita bikin projek yuk gw dari tangerang – banten ..
      pengen banget bikin papan anti gravitasi kayak film spiderman ..
      yang di pakai green goblin ..
      ne email gw :radenmetropolis@gmail.com ..
      mohon bantuannya ..

  4. Anonymous

    Yang saya ingin tahu, bagaimana gerbong berat bisa terangkat oleh magnet tsb. lalu berapa Amper dan Volt sumber daya utk itu. Mohon penjelasan. Tx ( Deddy Charles )

    • yudhipri

      Semoga jawaban saya tidak salah.. Setahu saya yg didapat dari sumber, maglev dioperasikan dengan arus DC 750 volt dan 1500 volt. Daya yang dibutuhkan untuk setiap 4 km adalah 750kw dengan efisiensi mencapai 97%.
      Wah, sepertinya tidak cocok untuk Indonesia yang krisis energi listrik nih,
      Jadi rel maglev terbagi2 dalam beberapa bagian setiap beberapa kilometer, agar dalam mengalirkan arus bisa bergantian dan menghemat energi..
      Katanya para ahli, biaya operasionalnya ini lebih murah dari pada menggunakan bahan bakar minyak, hanya saja instalasinya sangat mahal..

  5. super canggih…
    moga perkembangan makin pesat

  6. ini copas tappi gak ditulis sumbernya,.
    PLAGIAT

    • yudhipri

      terima kasih koreksinya. Pada draft yg saya simpan sudah ada sumbernya, hanya terlewat tidak ter-copy saja. Sebenarnya di atas paragraph sudah saya tulis dari wikipedia. Tetapi artikel ini saya rangkum lebih dari 1 sumber. Sudah saya tambah dari mana sumbernya yang utama.

      • maknya bangunlah pltn pembangkit listrik tenaga nuklir, yang sangat ramah lingkungan, kalau mau perubahan harus dari langkah awal

    • Lee Hyuk Nichole Lantu

      Jangan bisanya ngatain orng plagiat doank doooong….!!!!!! yg pntng dpt ilmunya!!

  7. saya bernama:bontor messahk ingin mencari lowongan kerja dibagian otomotif dengan surat ini bapak bisa menerima nya seada nya HORMAT SAYA

  8. bentuk rel nya gimana?

  9. jafar

    asa video cra buatnya??

  10. Ping-balik: Sistem Kerja Kereta Api Maglev | X Power Penghemat BBM

  11. Marwan

    TERIMAKASIH ATAS INFORMASINYA..MANTAP!!!

  12. ini sangat bagus sekali, tapi bagaimana dengan sitem pengereman nya ?
    dengan kecepatan yang sangat tinggi bukankah kereta apai ini butuh jalur yang panjang dalam hal pengereman ?

    • Anonymous

      yang ini tolong dijawab dong kakak hehe bagaimana cara pengereman maglev?

    • Anonymous

      yg ini tolong dijawab dong kakak, bagaimana cara pengereman maglev? terimakasihi

  13. Widya Sentono

    Selama Tingkat korupsi di negara kita cukup tinggi, maka impian untuk Mendirikan system MagLev hanya isapan jempol saja..
    Perlu Dukungan Anak-Anak Bangsa yang ingin Membangun negara, bukan yg hanya Mencari Gaji Besar dan bekerja di luar Negri.
    Ayo Putra-Putri Bangsa Indonesia,..!!! Jangan mau terus Jadi BUdak di negara Orang lain maupun Negara Sendiri,

  14. sri haryani muslimah

    Terima kasih pengetahuannya.
    Saya mau tanya, gimana ngeremnya yaaaaa….?
    Saya sudah pernah tanya sm guru saya, tp guru saya jg krng tau

    • Melihat cara kerjanya dengan elektro magnet maka dpat di simpulkan pengeremanx juga menggunakan elektro magnet yaitu dengan cara membalikkan arah arusnya. Maaf kalo salah :D

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com. The Adventure Journal Theme.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 670 pengikut lainnya.