Laras Slendro dan Pelog

Pembuatan Gamelan

Gamelan Jawa sebenarnya dapat dibedakan menjadi dua laras (tangga nada / titi nada), yaitu Slendro dan Pelog.

Menurut mitologi Jawa, Gamelan Slendro lebih tua usianya daripada Gamelan Pelog. Slendro memiliki 5 (lima) nada per oktaf, yaitu 1 2 3 5 6 (C- D E+ G A) dengan interval yang sama atau kalau pun berbeda perbedaan intervalnya sangat kecil. Pelog memiliki 7 (tujuh) nada per oktaf, yaitu 1 2 3 4 5 6 7 (C+ D E- F# G# A B) dengan perbedaan interval yang besar. Dalam memainkan pelog, masih dibagi menjadi dua lagi, yaitu Pelog Barang, dan Pelog Bem. Pelog Barang tidak pernah membunyikan nada 1, sedangkan pelog Bem tidak pernah membunyikan nada 7.

Dalam menciptakan lagu bernuansa pelog maupun slendro, ada aturan-aturannya tersendiri.

Pada gamelan, tidak ada nada re dan la. Tetapi ada beberapa lagu yang dipaksakan menggunakan nada la, dan ini memiliki nilai arti tersendiri pada lagu tersebut.

About these ads
Categories: Gamelan, Tradisional | 41 Komentar

Navigasi tulisan

41 gagasan untuk “Laras Slendro dan Pelog

  1. yudhipri

    Perbedaannya pelog dan slendro hanya pada tangga nadanya. Interval nada-nada pada slendro berbeda dengan interval pada nada-nada di pelog. Nada slendro memiliki interval yang lebih besar dari pada pelog. Nantinya berpengaruh pada tembang (nyanyian) yang dilagukan oleh penyanyi.

  2. referensi nya dong…

  3. pada prakteknya, orang memainkan slendro (menurut ukuran diatonik scale) menjadi 13457(i), sedangkan pelog 12356(i)

    • yudhipri

      Pada Slendro, nada 1 dan nada 7 adalah sama-sama nada C-,, sedangkan dalam Pelog nada 1 dan 7 berbeda, jadi pada pelog nada 7 tidak bisa dituliskan dengan ( i )

  4. Supriyatno

    terus kalo membedakan laras tiap pathet gmn mas?
    contoh pelog pathet 6, slendro pathet 9, slendro pathet 6 dsb.
    mohon penjelasannya.trm kasih

    • yudhipri

      Pada Pelog, dibagi menjadi 4. Yaitu Pelog Bem, Pelog Barang, Pathet Nem, dan Pathet Lima. Pada pelog Bem tidak memainkan nada 7, sedangkan pada pelog Barang tidak memainkan nada 1.

      Gamelan SLENDRO : pathet NEM (Nem-Ma-Lu-Ro), pathet SANGA (Ro-Ji-Nem-Ma), pathet MANYURA (Lu-Ro-Ji-Nem). Ketiganya dapat sejajar Sol-Mi-Re-Do sesuai pathetnya.

      • mas Yudhipri apakah artinya : slendro 6 nada dasarnya adalah nem, slendro 9 nada dasarnya ro, slendro manyura nada dasarnya lu. aku blm dhong…

      • mas Yudhipri … aku sudah ikut kelompok gamelan dan aku ingin bisa memainkan bonang barung…ingin sekali membuat sekaran pada bonang … tapi kesempatannya jarang karena bonang barung dah ditabuh teman….kecewa aku…

  5. Patricia

    kalau yang tangga nada di Barat itu apa sih kak?

  6. Anonymous

    ada yang bilang slendro n pelog tu adalah musik barat,?? benr g.??

  7. ada yang bilang slendro n pelog tu adalah musik barat,?? benr g.??

    • yudhipri

      Kita harus bangga..
      Gamelan adalah alat musik dari Indonesia,
      Gamelan merupakan alat musik yang paling kompleks di dunia ini…

      Silahkan cek di Sekolah dan Universitas di Barat, gamelan di sana semua dipesan dari Solo dan Yogyakarta..

  8. artwin

    aku mau nanya tentang nada gamelan pelog untuk rencananya mau ku aplikasikan ke gitar,, dari yang sudah di terangkan di atas maka nada gamelan Pelog memiliki 7 (tujuh) nada per oktaf, yaitu 1 2 3 4 5 6 7 (C+ D E- F# G# A B) Atau simple nya C#-D-F-F#-G#-A-B, apa benar kalau ku artikan sendiri ini phyrgian yg nada soll nya di # ??? Pelog katanya kan ada 2 yaiu pelog Barang dan pelog Bem,, pelog barang tidak pernah membunyikan nada 1 contoh 2 3 4 5 6 7, nah yg mau ku tanyakan dalam gamelan pelog ini apakah 1 = C# atau mi yg berarti maka akan seperti ini ( D-F-F#-G#-A-B ) ????
    atau apakah nada 1 yg di maksud = DO jadi 2 3 4 5 6 7 artinya A yg di buang jadinya seperti ini ( C#-D-F-F#-G#-B ) ??
    seLanjuttnya…!!
    pelog Bem tidak pernah membunyikan nada 7.
    1 2 3 4 5 6 7 (C+ D E- F# G# A) Atau simple nya seandainya tanpa min dan plus jadinya C#-D-F-F#-G#-A-B, apakah benar kalau ku artikan sendiri ini phyrgian yg nada soll nya di # ????
    tadi katanya Pelog Bem tidak pernah membunyikan nada 1, contoh
    1 2 3 4 5 6 7 nah yg mau ku tanyakan dalam gamelan pelog ini apakah 7 yg d maksudkannya itu = B atau RE yg berarti maka akan seperti ini ( C#-D-F-F#-G#-A-B )
    atau apakah nada ke 7 yg dimaksud adalah SI =G# jyg jadinya seperti ini ( C#-D-F-F#-B ) ??? mohon pencerahannya hehehehe

    • yudhipri

      Saya tegaskan lagi, nada 1 pada gamelan bukan berarti do, nada 2 bukan berarti re.

      Nada 1 2 3 4 5 6 7 itu bisa diasumsikan sebagai kunci chord pada gitar.

      kita bisa memainkan solmisasi pada gamelan dengan nada dasar yang kita inginkan, misalkan do=E, do=Bes, do=A, dsb..

      Agar musik yang dihasilkan bernuansa gamelan, kita harus melihat aturan-aturannya yang ada seperti di atas.

      Jadi ketika kita memainkan Gamelan pelog Bem (tanpa nada 1 pada gamelan), dan kita menggunakan nada dasar do=E, maka akan dihasilkan
      2=B, 3=C, 5=E, 6=F, 7=G… perlu diingat, tidak ada nada D (re) dan A (la) pada gamelan.
      nada 4 pada gamelan boleh dimainkan ketika lagu tersebut terpaksa memainkan nada D (re), karena 4=D(re).

      Maap, bahasa saya agak belepotan, karena saya juga bukan lulusan sekolah musik,hehehehe…

      Oh iya,, biasanya kalo saya bermain spontan menggunakan keyboard, agar instrumen yg dihasilkan bernuansa gamelan jawa, saya selalu menghindari nada re dan la, entah menggunakan nada dasar apa saja, kalau kita tidak memainkan nada re dan la, ditambah sedikit2 “cengkok” Jawa, maka akan terasa kental nuansa gamelan Jawanya..

      • Maaf Bapak. Lantas kalau bermain di keyboard apakah note yang perlu saya tekan untuk menghasilkan salendro scale dan apakah note yang perlu ditekan untuk mendapatkan pelog Bem Scale dan Pelog Barang? Mohon penjelasan bapak.

        saya boleh dihubungi di mjrosman@gmail.com

  9. Anonymous

    “Pada gamelan, tidak ada nada re dan la. Tetapi ada beberapa lagu yang dipaksakan menggunakan nada la, dan ini memiliki nilai arti tersendiri pada lagu tersebut” < mantapp

    terus klo pakai chord masih pake standard ato udah beda lagi tuh?

  10. jadi kalo do=d di”pelog”kan jadi gini = D D# F A C D
    bener/ salah ?

  11. jadi kalo do=d di”pelog”kan jadi gini = D D# F A C D
    bener/ salah ?

  12. kalo di gamelan apa bedanya gamelan laras slendro dengan gamelan laras pelog?

  13. Anonymous

    untuk gambelan gong kebyar merupakan laras apa ?

  14. dhias

    sangat bermanfaat

  15. Maaf bapak semua saya dari Malaysia ingin mohon tunjuk ajar. Sebagai kesimpulannya adakan note di keyboard ini akan membentuk komposisi salendro: C- D E+ G A mohon kepastian apakah yang dimaksudkan dengan – +? adakah ianya sharp (#) dan flat (b)

    Bagi Pelog pula yaitu 1 2 3 4 5 6 7 (C+ D E- F# G# A B) Atau simple nya C#-D-F-F#-G#-A-B bagi ukuran western scale? jika C+ bermakna C# maka apakah maksud E-? adakah E- bermaksud EFlat / D# atau langsung E.

    Mohon jasa baik bapak-bapak semua kerana saya amat memerlukan. Saya boleh dihubungi di mjrosman@gmail.com. Terima kasih bapak semua.

  16. Anonymous

    kalau sifat laras slendro dan sifat laras pelog

  17. kalau sifat laras slendro dan sifat laras pelog

  18. Devi

    mau tanya doong
    goong renteng memiliki 2 macam laras yaitu ada yang berlaras salendro dan berlaras pelog…
    bagaimana susunan tangga nada’nyaa???
    apakah yang dijelaskan di atas bisa digunakan pada susunan tangga nada goong renteng atau tidak???
    maaf saya belum mengerti …

  19. Kroncong Gandarwa Surakarta

    MANTAAF AND SANGAT MEMBANTU BOSS

  20. pasta ardianto

    Saya suka alat-alat musik jawa barat

  21. firman

    mas titi laras dibedakan menjadi 2 itu apa mas,,,???
    tolong jelaskan,,,??

  22. farid

    jika kita memainkan lagu berbasis pelog dan slendro dengan alat musik barat (gitar/organ), bagaimana kita menyusun kord-nya? mohon pencerahan

  23. Anonymous

    Pathet itu sndri apa sih artinya? Mhon pnjelsan.

  24. Anonymous

    perlu diketahui bahwa untuk memaikan laras pelog atau salendro dengan menggunakan musik barat tidak serta merta hanya memaikan nada nada tertentu karena dengan titi nada standar dari piano atau gitar tidak akan pasti sama dengan gamelan yang ingin kita tirukan, di mana setiap gamelan dibuat oleh mpu yang berbeda sehingga nada dasar (dalam istilah musik barat) tidak akan sama karena setiap mpu memiliki gamelan master yang digunakan untuk tuning saat membuatnya, dan tidak ada nada dasar standar dengan frekuensi tertentu karena belum ada perjanjian antar pembuat gamelan utk mmbuat laras standar.

  25. Anonymous

    Bagus! :)

  26. Apa sich yk d’mksud dGn nada slendro…..? Quh ngin tw loh…..!!

  27. Anonymous

    bro….aku kan suruh membuat gendhing lancaran 1 baris 2 baris slendro atau pelog,mas tau caranya nggak?

  28. apakah yang dimaksud dengan laras pelog dan laras slendro ???
    gue nggk tau lo….

  29. wisnu

    saya suka gending jawa tapi gatau apa itu pathet pelog dsb,,
    kalo mau belajar dimana ya ?

  30. waduh
    sampun dangu mboten nemoni ilmu menika

  31. burhan

    punya nada lagu layung ga

  32. Rahadian

    cotoh lagunya apa??

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com. The Adventure Journal Theme.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 638 pengikut lainnya.