Bagian Alat Musik Gamelan

Ingin tahu nama-nama alat musik dalam Gamelan Jawa:

1. Kendhang:

Terbuat dari kulit hewan (Sapi atau kambing)

Kendhang berfungsi utama untuk mengatur irama. Kendhang ini dibunyikan dengan tangan, tanpa alat bantu.Jenis kendang yang kecil disebut ketipung, yang menengah disebut kendang ciblon/kebar. Pasangan ketipung ada satu lagi bernama kendang gedhe biasa disebut kendang kalih.

Kendang kalih dimainkan pada lagu atau gendhing yang berkarakter halus seperti ketawang, gendhing kethuk kalih, dan ladrang irama dadi.

Bisa juga dimainkan cepat pada pembukaan lagu jenis lancaran ,ladrang irama tanggung.  Untuk bermain kendhang, dibutuhkan orang yang sangat mendalami budaya Jawa, dan dimainkan dengan perasaan naluri si pemain, tentu saja dengan aturan-aturan yang ada.

2. Demung, Saron, Peking

Alat ini  berbentuk bilahan dengan enam atau tujuh bilah (satu oktaf ) ditumpangkan pada bingkai kayu yang juga berfungsi sebagai resonator.
Instrumen mi ditabuh dengan tabuh dibuat dari kayu.
Menurut ukuran dan fungsinya, terdapat tiga jenis saran:
– demung (Paling besar),
– saron (Sedang) dan,
– peking(Paling kecil).

DEMUNG
Alat ini berukuran besar dan beroktaf tengah.
Demung memainkan balungan gendhing dalam wilayahnya yang terbatas.Umumnya, satu perangkat gamelan mempunyai satu atau dua demung.Tetapi ada gamelan di kraton yang mempunyai lebih dari dua demung.

SARON
Alat ini berukuran sedang dan beroktaf tinggi.
Seperti demung, saron barung memainkan balungan dalam wilayahnya yang terbatas.
Pada teknik tabuhan imbal-imbalan, dua saron memainkan lagu jalin menjalin yang bertempo cepat. Seperangkat gamelan mempunyai dua saron, tetapi ada gamelan yang mempunyai lebih dan dua saron.

PEKING
Berbentuk saron yang paling kecil dan beroktaf paling tinggi.
Saron panerus atau peking ini memainkan tabuhan rangkap dua atau rangkap empat lagu balungan.

3. Gong dan Kempul

Gong menandai permulaan dan akhiran gendhing dan memberi rasa keseimbangan setelah berlalunya kalimat lagu gendhing yang panjang.
Gong sangat penting untuk menandai berakhirnya satuan kelompok dasar lagu, sehingga kelompok itu sendiri (yaitu kalimat lagu di antara dua tabuhan gong) dinamakan gongan.

Ada dua macam gong:
– gong ageng (besar) dan
– gong suwukan atau gong siyem yang berukuran sedang.

.

Gong gantung berukuran kecil. Kempul menandai aksen-aksen penting dalam kalimat lagu gendhing.
Dalam hubungannya dengan lagu gendhing, kempul bisa memainkan nada yang sama dengan nada balungan; kadang-kadang kempul mendahului nada balungan berikutnya.

.

.

.

.

4. Bonang

Bonang dibagi menjadi dua jenis, yaitu bonang barung dan bonang panerus. Perbedaannya pada besar dan kecilnya saja, dan juga pada cara memainkan iramanya.

Bonang barung berukuran besar, beroktaf tengah sampai tinggi, adalah salah satu dari instrumen-instrumen pemuka dalam ansambel.
Khususnya dalam teknik tabuhan pipilan, pola-pola nada yang selalu mengantisipasi nada-nada yang akan datang dapat menuntun lagu instrumen-instrumen lainnya.
Pada jenis gendhing bonang, bonang barung memainkan pembuka gendhing dan menuntun alur lagu gendhing.
Pada teknik tabuhan imbal-imbalan, bonang barung tidak berfungsi sebagai lagu penuntun; ia membentuk pola-pola lagu jalin-menjalin dengan bonang panerus, dan pada aksen aksen penting bonang boleh membuat sekaran (lagu-lagu hiasan), biasanya di akhiran kalimat lagu.

Bonang panerus adalah bonang  yang kecil, beroktaf tinggi.
Pada teknik tabuhan pipilan, irama bonang panerus memiliki kecepatan dalam bermain dua kali lipat dari pada bonang barung. Walaupun mengantisipasi nada-nada balungan, bonang panerus tidak berfungsi sebagai lagu tuntunan, karena kecepatan dan ketinggian wilayah nadanya.
Dalam teknik tabuhan imbal-imbalan, bekerja sama dengan bonang barung, bonang panerus memainkan pola-pola lagu jalin menjalin.

5. Slenthem

Menurut konstruksinya, slenthem termasuk keluarga gender; malahan kadang-kadang ia dinamakan gender panembung. Tetapi slenthem mempunyai bilah sebanyak bilah saron;
Slenthem beroktaf paling rendah dalam kelompok instrumen saron. Seperti demung dan saron barung, slenthem memainkan lagu balungan dalam wilayahnya yang terbatas.

6. Kethuk dan Kenong

Kenong merupakan satu set instrumen jenis mirip gong berposisi horisontal, ditumpangkan pada tali yang ditegangkan pada bingkai kayu. Dalam memberi batasan struktur suatu gendhing, kenong adalah instrumen kedua yang paling penting setelah gong.
Kenong membagi gongan menjadi dua atau empat kalimat kalimat kenong.
Di samping berfungsi menggaris-bawahi struktur gendhing, nada-nada kenong juga berhubungan dengan lagu gendhing;
ia bisa memainkan nada yang sama dengan nada balungan;
ia boleh juga mendahului nada balungan berikutnya untuk menuntun alun lagu gendhing; atau ia dapat memainkan nada berjarak satu kempyung dengan nada balungan, untuk mendukung rasa pathet.
Pada kenongan bergaya cepat, dalam ayaka yakan, srepegan, dan sampak, tabuhan kenong menuntun alur lagu gendhing-gendhing tersebut.

Kethuk sama dengan kenong, fungsinya juga sama dengan kenong. Kethuk dan kenong selalu bermain jalin-menjalin, perbedaannya pada irama bermainnya saja.

7. Gender

Instrumen terdiri dari bilah-bilah metal ditegangkan dengan tali di atas bumbung-bumbung resonator.
Gender ini dimainkan dengan tabuh berbentuk bulat (dilingkari lapisan kain) dengan tangkai pendek.
Sesuai dengan fungsi lagu, wilayah nada, dan ukurannya, ada dua macam gender:
– gender barung dan
– gender panerus.

8.  Gambang

Instrumen dibuat dari bilah – bilah kayu dibingkai pada gerobogan yang juga berfungsi sebagai resonator.
Berbilah tujuh-belas sampai dua-puluh bilah, wilayah gambang mencakup dua oktaf atau lebih.
Gambang dimainkan dengan tabuh berbentuk bundar dengan tangkai panjang biasanya dari tanduk/sungu.
Kebanyakan gambang memainkan gembyangan (oktaf) dalam gaya pola pola lagu dengan ketukan ajeg.
Gambang juga dapat memainkan beberapa macam ornamentasi lagu dan ritme, seperti permainan dua nada dipisahkan oleh dua bilah, atau permainan dua nada dipisahkan oleh enam bilah, dan pola lagu dengan ritme – ritme sinkopasi.

9. Rebab

Instrumen kawat-gesek dengan dua kawat ditegangkan pada selajur kayu dengan badan berbentuk hati ditutup dengan membran (kulit tipis) dari babad sapi.
Sebagai salah satu dari instrumen pemuka, rebab diakui sebagai pemimpin lagu dalam ansambel, terutama dalam gaya tabuhan lirih.
Pada kebanyakan gendhing-gendhing, rebab memainkan lagu pembuka gendhing, menentukan gendhing, laras, dan pathet yang akan dimainkan.
Wilayah nada rebab mencakup luas wilayah gendhing apa saja. Maka alur lagu rebab memberi petunjuk yang jelas jalan alur lagu gendhing.
Pada kebanyakan gendhing, rebab juga memberi tuntunan musikal kepada ansambel untuk beralih dari seksi yang satu ke yang lain.

10. Siter

Siter merupakan bagian ricikan gamelan yang sumber bunyinya adalah string (kawat) yang teknik menabuhnya dengan cara di petik. Jenis instrumen ini di lihat dari bentuk dan warna bunyinya ada tiga macam, yaitu siter, siter penerus (ukurannya lebih kecil dari pada siter), dan clempung (ukurannya lebih besar dari pada siter). Dalam sajian karawitan klenengan atau konser dan iringan wayang fungsi siter sebagai pangrengga lagu.

11. Suling

Jenis instrumen gamelan lainnya yang juga berfungsi sebagai pangrengga lagu adalah suling. Instrumen ini terbuat dari bambu wuluh atau paralon yang diberi lubang sebagai penentu nada atau laras. Pada salah satu ujungnya yaitu bagian yang di tiup yang melekat di bibir diberi lapisan tutup dinamakan jamangan yang berfungsi untuk mengalirkan udara sehingga menimbulkan getaran udara yang menimbulkan bunyi atau suara Adapun teknik membunyikannya dengan cara di tiup. Di dalam tradisi karawitan, suling ada dua jenis, yaitu bentuk suling yang berlaras Slendro memiliki lubang empat yang hampir sama jaraknya, sedangkan yang berlaras Pelog dengan lubang lima dengan jarak yang berbeda. Ada pula suling dengan lubang berjumlah enam yang bisa digunakan untuk laras Pelog dan Slendro. Untuk suling laras Slendro dalam karawitan Jawatimuran apabila empat lubang di tutup semua dan di tiup dengan tekanan sedang nada yang dihasilkan adalah laras lu (3), sedangkan pada karawitan Jawatengahan lazim dengan laras ro (2).

About these ads
Categories: Gamelan, Tradisional | 123 Komentar

Post navigation

123 thoughts on “Bagian Alat Musik Gamelan

  1. lahlablablah

    ahahhaha. ini tulisan yg saya cari. lengkap! :)
    makasih yaa. :)

  2. Joy Putri

    Aku pingin banget bisa main kendhang. Feelingnya belum dapat. baru belajar sekali aja. mudah2an bisa menguasai. soalnya asik banget. biasa main peking. terima kasih atas artikel ini.

  3. Hikmah Wanda

    Aku mau tanya, adakah alat musik dalam gamelan yang ditiup selain seruling ?

  4. yudhipri

    Terima kasih atas kunjungannya,,

    Jika ada yang ingin bermain kendhang, bisa saya upload not dasarnya.

    Alat di dalam gamelan yang ditiup selain suling sepertinya tidak ada..

  5. mas bejo

    musik jawa yg didominasi permainan gender, rebab dan suling itu namanya apa ya…saya mau nyari kaset apa mp3 nya blum dapet…

  6. tri wid

    Saya sangat pengin bisa mamainkan kendang…. plis kasih modulnya ya…..

  7. saya suka aaaaaaaa
    buangatttttt
    !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    makasy aaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa
    arigatogozaimasetaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa
    !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  8. Krismanto

    whwhwhwhwhwhwhwhwhwhwhhww nemu

  9. wah mantap tuh.. kompli penjelasannya beserta gambarnya

  10. fachory

    saya suka itu……………
    di sekolah saya ada………….semoga dg adanya informasi tersebut saya bisa tahu….tentang gamelan…………….

  11. Cintai..budaya Kita…….

  12. aku minta tolong untuk menerima kiriman saya.

  13. makasih sekarang tugas saya kelarrrr

  14. makasih aku jadi bisa mengenal lebih jauh tentang gamelan

  15. makasih tugas aq dah selesai

  16. makacihh udah bwt gampang cari tugass…

  17. makcihhhhhhhh eaaaaa……………………..
    akhirx saya mengetahui apa saja alat2 gamelan jawa tuch,
    eeeeeeeeeeeem,dc keeelar nech tugasx

  18. tingkatkan budaya seni indonesia,

  19. Anonymous

    maksh ea akhirnya tugas q kelar jg

    • Anonymous

      MANG GUE PIKIRIN YA………
      MASBULO???????????
      EMANG TUGASMU APA MANG HARUS DIKERJAIN???????????????

  20. andi firjatulloh

    terima kasih, artikel ini membantu anak saya menyelesaikan tugasnya

  21. wah maksih banyak, tenkyu so much buta tugas seni musik ku :D

  22. Anonymous

    lebih banyk lagi ya yg bntuk bilah nya :D

  23. makacih ya dah ngasih ket ttg gamelan prq jd selesai n dpt nilai bagusssssssssssssss sukses utk kesenian tradisional

  24. Bagus! :)

  25. raisma puji

    . thanks yha, cmua na seperti yg aqw cari yg aqw inginkan

    , hmmm wlw ada spasi yg terlalu panjang sich tp gag papa thanks verry much

    muachhhh :)

  26. Ulfa Munzilah Simorangkir

    i like it… thaks for information..

  27. thaks for information.. smoga tugas saya bener.. aammeeeeennnnn…. :-D

  28. thaks for information.. smoga tugas saya success.. aaammeeennnn…

  29. Anonymous

    bedug juga termasuk instrumen gamelan?

  30. Ping-balik: Gamelan Infobyte :) - Anabelle-

  31. aha ini dia yg ku cari alat2nya lengkap
    thank’s ya?

  32. Tak kenal tak sayang.trim atas infonya

  33. Anonymous

    Mkasihh yhaa,,,
    emmm. . .
    smoga tugas sy bnar smuahc, .,
    hehehee. . .

  34. Anonymous

    makasih, artikelnya sangad membantu ….

  35. nunik

    aku mau sekali alat ini..hi..hi…hi..

  36. gilang

    akhirnya ketemu jawaban dari tugas-tugas SBK-ku………………..
    thanks,…………..

  37. Dinda

    makasih…………!!!!!
    artikel ini udah bantu nyari tugas skolah…..

  38. kartni

    thanks you atas informasinya…ea?

  39. sdrfhJanassasasasamssacjgjcMakasih yaaa

  40. Artikel yg bantu selesaikan soal

  41. Luengkaaaaaaaaaaaaaaaaaap

  42. Waaah ketemu akhirnya jawaban soal lat UKK IPSku
    Makasih ya

  43. thanks ini membantu bgt

  44. Hadi Saptono

    Saya sangat terkesan alat musik Siter, kalau mendengarkan enak sekali.Saya tinggal di Semarang ingin punya Siter (siter penerus/peking) belinya dimana ya?

  45. Anonymous

    hebat juga y indonesia haaa haaa haaa

  46. Nadella maharani

    Terima kasih Mas Yudhipri ^^. Saya jadi gampang ngerjain tugasnya!

  47. Nadella maharani

    Terima kasih Mas Yudhipri ^^. Saya jadi gampang ngerjain tugas!!

  48. Anonymous

    makasih banget ya tugas saya akhirnya kelar :D

  49. Ping-balik: TENTANG GAMELAN

  50. TEGAR

    LENKAAAAAPPPPPPPPP BEUUUUUDDDDD!!!!!!!

  51. NIDA

    IS THE BEST DEH POKOKNYA

  52. NIDA

    :)

  53. via

    lengkappppp (y)

  54. chaos

    oke,terima kasih………

  55. wah… cakep dah indonesia klo gini mah…. alat musik tradisional lebih sulit dari pada alat musik moderen

  56. teguh muljanto

    saya tinggal di yogyakarta hadiningrat,saya kepengin banget nggadahi nanging kacrios awis sangat reginipun<punapa saged pesen utawui tumbas mbaka sekedhik lan wonten pundi ingkang damnelanipun sae ugi reginipun radi miring<matur sewu sembah nuwun ,salam Teguh Muljanto

  57. thanks :) mempermudah tugasku

  58. wowowow cara memainkannya ga ada bang…

  59. follow my twitter @alfira_salsa thanks

  60. arum

    thank you

  61. Anonymous

    kok ga ada kerompong yaaa?

  62. makassiihhhh!!! butuh buat kliping sekolah nih!! lengkap-lengkap.. hehe

  63. Anonymous

    kalau ada saya perlu not kendang lancaran,ladrang,ketawang,gending baik kendang dua maupun kendang satu(batangan)

  64. TERIMA KASIH SEKARANG SAYA TAHU JENIS-JENIS INSTRUMEN GAMELAN THANK’S!!!

  65. Thank’s

  66. Eni LIstiani

    naaah ini yang aku carii !!!!!
    LENGKAPPPPP..KAP..KAP :D
    makasih yaaaa ….

  67. Anonymous

    nah… pljaran SBK jadi enteng
    Thank’s

  68. fiqri

    fungsinya kurang lengkap

  69. robet

    wah tugas sbk rampungnya cepet banget trimakasih atas partikelnya

  70. ria theangel

    wah tugas sbk q udh kejawab semua deh jadinya makasih ya….

  71. aza

    makasih ya bwt yudhipri ini bantu bgt bwt tugas ane!

  72. Anonymous

    makasihhh,,, tugas.nya udah slese dehhh,,, tpi krang lengkap nichhhhh:) ,,, slammm : hikmahh and yanie

  73. martini

    makasih ya seni tradisionalnya kulon progo mana

  74. Anonymous

    kurang lengkap …? baiknya dikasih ini seperti biasa di gunakan di wewayangan dll, BEGITU :(

  75. ridwan

    thx….
    ak jd bsa mengenal instrumen gamelan….

  76. aku sudah ikut kelompok gamelan… instrumen yang aku senengi adalah bonang barung, tetapi kok nggak bisa bisa…..kata teman teman aku kesusu dalam membuat ornamen kembangan….

  77. thanks ya buat infonya yang lengkap banget

  78. Anonymous

    Mksih..
    Info y lgkp..

  79. akhmad muqarrabin

    matur nuhun sanget, mugi mugi ALLAH nyembadani amiiiiiin

  80. tq om

  81. Apabila berminat dengan seni kerajinan gamelan jawa buatan kami silahkan menghubungi alamat di bawah ini :

    WAHID NOVIANTO
    WIRUN RT 01 RW 05 MOJOLABAN SUKOHARJO JAWA TENGAH
    NO.HP 085728800046
    EMAIL wahidnovianto511@gmail.com

  82. Anonymous

    gilaa lengkap tapi masih kurang yang macam macamnya

  83. inilah infomasi yang saya carikan ! bagus informasi nya ! terima kasih ya ! :)

  84. Anonymous

    ini tidak lengkap

  85. Anonymous

    terimakasih

  86. tomy

    berapa jumlah asli peron pada kenong?
    bagaimana cara bermain gamelan kenong mulai dari belajar membaca nott kenong??

  87. Lanang D

    pingin bisa nabuh Saron

  88. aku pengen dh bisa memainkan alat musik gamelan kalo bisa shi semuanya hahahahahaha . . . . . .

  89. agoeng

    Terima kasih banyak ulasannya

  90. Fitri

    kok gak ada rincik?

  91. Madiyo

    Saya Bisa nabuh gamelan Jawa sedikit, tapi mau mengembangkan kebisaan saya kok belum ketemu group penabuh gamelan ya, dimana saya ketemu Bapak/Saudara yang se hobi ini,

  92. kurang ahhh segini mah masih kurang bgt

  93. Anonymous

    kurang mas

  94. Anonymous

    artikel pukimei ni

  95. Atur nuhun sanget yaah atas infonya, saya bisa belajar dengan baik sekarang, kalo sudah mngetahuinya . Skali lagi terimaaaaa kasiihhhhhh

  96. Ping-balik: Indonesian Traditional Music Instruments #Gamelan Edition | Yantidung's

  97. Anonymous

    terima kasih…

  98. Anonymous

    thanks cuoy…:)

  99. roedy ktb

    Mas beli gamelan secend ada ngga……brapa kira2

  100. waduhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh koggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggg bikin puuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuusiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiingngngngngngngngnngn

  101. maaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaffffffffffffffffffffffffffffffffffffffffffffffffffffffffffffffffffffffffffffffffffffffffffffffffffffffffffffffffffffffffffffffffffffffffffffffffffffffffffffffffffffffffffffffffffffffffffffffffffffffffffffffffffff sorryyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyy

  102. makaciiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiihhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh hhihihihihihihihi

  103. alat musik jawa adalah alat musik yang paling lengkap sedunia…negara mana yang punya alat yang melebihi gamelan?

  104. dinda ayu dan zeni utami

    oke thanks

  105. irha and fajri

    Makazih yach udah bantuin aQ kerjain tugsZzzzzzzzzzzzzz!!!!!!!!!!

    #thanks you

  106. Kay

    Makasih ya Kak Yudi. Udah bantuin aku ngerjain tugas.

  107. Wah..banyak juga,ya.Makasih infonya,kak! KHAMSAHAMNIDA~!!!

  108. Thanks…ya…nemu aku..tolong mas posting donk..not not gending jawanya

  109. Anonymous

    tengkyu

  110. PRAMITA 7h

    ngga jelas

  111. vj

    wow, amazing lengkap ya.

  112. Memberi wawasan buat aku yg mau ulngn

  113. Anonymous

    saya suka. saya suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com. The Adventure Journal Theme.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 640 pengikut lainnya.